Waktu Belajar Anak yang Efektif dan Caranya

Waktu belajar anak yang efektif patut diperhatikan oleh orang tua. Semakin efektif waktu belajar anak, maka semakin mudah pula anak menyerap materi pelajaran yang ada.

Waktu belajar anak yang efektif pun bisa bikin anak tidak belajar dalam waktu terlalu lama. Dengan begitu, anak pun masih bisa mendapatkan haknya untuk bermain.

Setidaknya ada beberapa waktu yang dianggap sebagai waktu belajar anak yang efektif. Apa saja beberapa waktu itu?

Pukul 7 Pagi hingga 9 Pagi

Waktu pertama yang dianggap efektif adalah 7 pagi hingga 9 pagi. Waktu ini dianggap efektif karena otak akan lebih menyerap materi pelajaran di waktu ini. Maka tak heran jika banyak sekolah yang membuka jam belajarnya di waktu satu ini.

Pukul 9 Pagi hingga 11 Siang

Waktu selanjutnya yang dianggap efektif adalah 9 pagi sampai 11 siang. Di waktu ini, otak anak akan cenderung lebih efektif. Selain itu, otak pun juga lebih mudah menerima pelajaran yang cenderung rumit. Anak pun juga bisa lebih kreatif saat belajar di waktu satu ini.

Jam 11 Siang Sampai 2 Siang

Waktu terakhir yang bisa dipakai adalah 11 siang sampai 2 siang. Pada waktu ini, konsentrasi dan daya tangkap anak kian tinggi. Waktu ini sangat cocok untuk mengajari anak-anak materi pelajaran yang cukup rumit.

Cara Mengatur Waktu Belajar Anak

Selain tahu waktu belajar efektif anak, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengatur waktu belajar anak. Hal itu dilakukan agar proses belajar anak semakin efektif. Lalu, bagaimana cara mengatur waktu belajar anak?

Membuat Agenda Harian

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membuat agenda harian. Dengan agenda harian, Anda dan anak jadi tahu apa saja yang mesti dilakukan saat proses belajar-mengajar. Melakukan cara ini juga bisa bikin Anda dan anak tahu kapan harus belajar, serta kapan harus istirahat.

Tentukan Metode Pelajaran yang Tepat

Selain agenda harian, metode pelajaran adalah hal lain yang harus disiapkan. Pastikan metode pekajaran yang mau dipakai sesuai dengan kapasitas si anak.

Misal: kalau anak Anda suka belajar secara fun, Anda bisa memakai metode belajar sambil bermain.

Menentukan Target Pembelajaran

Jangan lupa untuk menentukan target pembelajaran, jika mau proses belajar makin efektif. Untuk melakukan cara ini, Anda bisa tentukan mana saja materi pelajaran yang harus dipelajari si anak.

Habis itu, tentukan berapa lama si anak harus bisa menguasai materi pelajaran tersebut. Misal: 1 hari, 3 hari atau seminggu. Jika si anak berhasil mencapai satu target, maka Anda dan anak bisa tentukan target pembelajaran selanjutnya.

Itulah pembahasan soal waktu belajar anak yang efektif, serta cara mengatur waktu belajar supaya makin efektif.

Bagi anda yang sedang mencari tempat les privat yang bagus, edumasterprivat.com bisa jadi pilihan yang tepat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Anggie