Ukuran Lapangan untuk Bola Basket

Setiap tempat atau lapangan olahraga pasti memiliki ukuran yang sudah disepakati secara internasional. Apakah Anda tahu berapa ukuran lapangan bola basket? Tidak semua orang mengetahui hal ini, mungkin Anda juga. Maka dari itu kami akan memberikan informasinya kepada Anda.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Ukuran lapangan bola basket harus sesuai dengan ketentuan apalagi untuk lapangan yang biasa digunakan sebagai tempat pertandingan. Standar internasional dari ukuran tersebut telah disepakati oleh FIBA atau Internasional Basketball Federation, ada juga yang disepakati NBA.

Bukan hanya panjang dan lebar lapangan basket yang punya ukurannya sendiri tapi juga segala yang ada di dalamnya. Seperti gambar-gambar lingkaran atau kotak di dalam lapangan, tinggi ring basket, dan lain sebagainya.

Lapangan bola basket memiliki bentuk persegi panjang dan ukurannya ada dua standar, versi NBA dan FIBA. Ukuran yang diterapkan NBA lebih besar beberapa meter tapi tidak terlalu signifikan. Ukuran standar untuk lapangan NBA adalah panjangnya 28,5 meter dan lebarnya 15 meter. Sedangkan ukuran dalam standar FIBA adalah panjang 26 meter serta lebar 14 meter.

Jika ingin ada penambahan dari standar NBA maka boleh ditambah tapi maksimal untuk panjangnya hanya 2 meter sedangkan lebarnya maksimal 1 meter.

Di dalam dari lapangan bola basket harus ada tiga buah lingkaran dengan panjang jari-jari masing-masing 1,80 meter sementara lebar garisnya 0,05 meter. Satu buah lingkaran yang ada di tengah-tengah gunanya adalah sebagai tempat mulainya pertandingan. Dua lagi ada di daerah masing-masing ring, gunanya adalah sebagai free throm atau jump ball.

Pada permainan 5v5 menggunakan lapangan dengan full court berukuran 28 x 15 meter disertai dengan dua ring basket. Sementara itu untuk ukuran lapangan bola basket 3 on 3 punya ukuran 15 x 11 meter dengan ring berjumlah satu buah.

Lalu pada garis akhir lingkaran dari daerah serang memiliki panjang 6 meter sementara garis tembak hukumannya memiliki panjang 3,60 meter. Selain ketentuan ukuran, permukaan lapangan juga punya ketentuannya. Jika dibangun dalam gedung maupun alam terbuka maka permukaan lapangannya harus rata dan datar supaya pantulan dari bola dapat mudah dikuasai atau dikontrol.

Biasanya jika lapangan dibuat di dalam gedung menggunakan lantai semen atau kayu sedangkan jika ada di luar gedung atau ruangan lebih baik berlantai semen. Alasannya supaya tidak cepat rusak, jika menggunakan material kayu jadi bisa keropos karena terlalu sering terkena air hujan dan sinar matahari.

Kemudian ada lagi jarak dari lantai ke papan pantul pada bagian bawah, yaitu 2,75 meter. Sementara dari papan pantul bawah ke ring basket hanya 0,30 meter. Untuk panjang ring basket adalah 0,40 meter, sedangakn jarak tiang penyangganya sampai garis akhir adalah 1 meter.

Kemudian panjang dari papan pantul yang ada pada bagian luar 1,80 meter, dan lebarnya 1,20 meter. Panjang papan pantul dalam 0,59 meter dan lebarnya 0,45 meter. Untuk papan tempat perkenaan bola ukurannya juga 1,80 meter dengan lebar 1,05 meter. Material papannya bisa menggunakan kayu atau fiberglass agar tidak mudah rusak/pecah. Pada bagian tengah papan pantul harus terdapat kotak yang panjangnya 59 cm, lebar 45 cm.

Lalu pada bagian bawah dari garis bingkai tersebut memiliki ring dengan diameter 45 cm berbahan besi dengan ketebalan 20 mm. Supaya cincin besi tersebut kuat maka harus dilekatkan ke lempengan besi.

Demikian informasi mengenai Ukuran Lapangan untuk Bola Basket. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi situs desabola

You May Also Like

About the Author: Khisma