Tips Mengolah Keripik Talas Agar Tidak Gatal Saat Dimakan

Tips Mengolah Keripik Talas Agar Tidak Gatal Saat Dimakan – Talas merupakan salah satu jenis umbi – umbian yang ada di Indonesia. Talas sering juga disebut dengan mbote. Siapa sangka ternyata talas atau mbote ini bisa dijadikan keripik yang enak banget.

Keripik talas bisa menjadi camilan yang luar biasa. Namun jika orang tersebut kurang pintar mengolahnya, keripik talas akan memiliki rasa yang gatal . Hal ini disebabkan oleh cara pengolahan yang kurang tepat.

Untuk mengolah Keripik talas memanglah susah – susah gampang. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips cara mengolah keripik talas agar tidak gatal ketika dimakan. Nah berikut beberapa tips cara mengeloah keripik talas yang bsia kamu coba:

  1. Menjemur Talas

Tips yang pertama ialah dengan cara menjemur talas. Tips pertama ialah cara yang paling gampang. Dengan menjemur talas bisa menghilangkan rasa gatal yang ada di dalam talas.

Hali ini karena bisa menghilangkan kandungan kalsium oksalat yang ada didalam talas atau mbote. Kamu bisa menjemur talas sekitar 2 jam dibawah terik matahari.

  • Merendam dengan Graam

Tips yang kedua ialah kamu bisa merendam talas pada larutan air garam. Nah rendaman air garam ini juga dipercaya mampu menghilangkan kalsium oksalat yang ada di dalam talas.

Adapun caranya ialah rendamlah talas didalam larutan air garam, rendam sekitar 30 menit hingga 1 jam. Kamu bisa menggunakan air hangat agar hasilnya bsia maksimal. Setelah direndam, jangan lupa cuci bersih terlebih dahulu sebelum diolah.

  • Memilih Talas yang Tepat

Tips yang ketiga ialah pilihlah talas yang tepat. Jangan memilih talas yang terlalu tua dan bahkan sudah muncul umbinya. Untuk talas yang tua lebih banyak mengandung kalsium oksalat dan juga untuk rasanya kurang enak.

Jnagan pula memilih talas yang terlalu mudah karena memiliki banyak getah dan berpotensi timbulnya rasa gatal. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah talas yang tepat yang mana tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Nah jiksa sudah mengetahui beberapa tips mengolah keripik talas agar tidak gatal. Saat ini akan kami bagikan resep dan cara membuat keripik talas yang enak dan tidak gatal:

  • Pertama, siapkan beberapa bahan seperti bawang putih, kunyit dan garam. Kemudian haluskan dan campurkan kedalam air hangat dan garam. Kemudian, iris tipis-tipis talas. Campurkan talas dengan rendaman bumbu dan air garam sekitar 3 jam.
  • Tunggu hingga talas berubah warna menjadi kuning. Jika sudah 3 jam, tiriskan terlebih dahulu, lalu goreng hingga matang.

Jika kamu ingin, menambahkan perasa pada keripik talas seperti rasa balado, rasa keju , dan rasa lainya. Kamu bsia menambahkan bubuk perasa setelah digoreng.

You May Also Like

About the Author: Nurul