Tips Menghemat Biaya Saat Merenovasi Rumah

Banyak sekali aspek yang harus anda pikirkan ketika hendak merenovasi rumah terutama dalam segi penganggaran biaya.  Anda bisa melakukan pemangkasan biaya dengan banyak cara salah satunya jual pintu atau jual kusen pintu lama anda yang masih layak pakai, bahkan ada beberapa pengrajin kayu yang bisa diajak negosiasi untuk tukar tambah misalnya.  Adapun Tips Menghemat Biaya Saat Merenovasi Rumah lainnya akan kami rangkum dalam artikel di bawah ini :

  1. Menentukan konsep renovasi rumah

Ada banyak konsep hunian saat ini mulai dari yang bergaya industrial, scandinavian, tropis, hingga eropa klasik.  Tentu saja makin rumit konsep rumah maka makin besar budger yang harus anda sediakan.  Karenanya pilihlah konsep rumah yang tidak hanya hemat namun juga sesuai dengan keinginan anda.  Tidak hanya dalam segi atau hal penyediaan material, dengan mengetahui konsep rumah, maka anda juga dapat mengkalkulasikan jumlah pekerja dan waktu yang diperlukan saat renovasi.

  • Menentukan bahan bangunan

Bahan bangunan juga menentukan biaya yang akan anda gelontorkan ketika melakukan renvasi rumah.  Daripada membeli bahan bangunan yang harganya murah akan lebih baik membeli bahan bangunan yang kualitasnya menengah.  Selain selisih harga yang tidak terlalu jauh, bahan bangunan yang kualitasnya menengah juga memiliki umur pakai yang lama sehingga lebih awet dengan jangka waktu yang cukup lama. Bahan bangunan seperti  kayu, pipa, semen, batu serta cat harus anda perhitungkan dengan baik kebutuhan serta kualiasnya.

  • Menentukan metode pembayaran tukang

Biasanya metode pembayaran jasa tukang dibagi menjadi 2 yaitu harian atau borongan.  Estimasikan pengerjaan renovasi rumah anda dalam berapa hari.  Jika pekerjaan cukup menyita waktu gunakan metode borongan, namun jika renovasi termasuk kategori kecil, silahkan pilih metode bayar harian.

  • Menentukan waku untuk renovasi

Watu renovasi juga menentukan biaya yang harus anda anggrakan untuk renovasi.  Lakukan pengerjaan renovasi pada musim panas atau musim kemarau karena lebih efektif dan hemat. 

Mengapa demikian, jika pengerjaan dilakukan pada musim hujan akan ada banyak wkatu yang tersita karena turunnya hujan.  Alasan lain adalah pengerjaan renovasi terutama bagian eksterior seperti cat maupun pemugaran ulang akan rusak dan tidak cepat kering karena minim cahaya matahari .

memiliki hunian yang nyaman dan aman tentu menjadi dambaan semua orang.  Terlebih jika anda tidak menganggarkan budget lebih untuk membeli rumah baru yang luas, maka tips Tips Menghemat Biaya Saat Merenovasi Rumah yang baru saja kami bagikan kepada anda akan sangat berguna.

Anda bisa melakukan sedikit renovasi pada rumah anda dengan alokasi biaya seminimal mungkin dengan hasil yang tidak mengecewakan.  Bahkan tips-tips dari kami juga bisa anda gunakan ketika anda membeli rumah lama untuk dipoles agar tampilanya lebih memukau mata. 

Namun pastikan renovasi dilakukan dengan mempertimbangkan aspek kenyamanan serta kenyamanan rumah, karena hal itu lah yang paling utama.

You May Also Like

About the Author: syella