Tips Membuat Tumpeng yang Anti Retak dan Tidak Keras

Tips Membuat Tumpeng – Salah satu tantangan dalam membuat tumpeng adalah menjaga supaya teksturnya tidak retak dan tidak keras. Butuh trik tersendiri untuk bisa menciptakan tekstur semacam itu. Bila kamu berhasil menjaga teksturnya, maka cita rasa tumpeng pun juga tetap terjaga.

Pada artikel ini, kami akan kasih tahu apa saja tips agar kamu bisa membuat tumpeng anti retak dan tidak keras. Adapun tips-tips itu bisa dibaca di bawah ini!

Tips Membuat Tumpeng Anti Retak dan Tidak Keras

1. Pilihlah Beras Berkualitas

Sebelum membuat tumpengnya, kamu wajib perhatikan berasnya terlebih dulu. Pastikan beras yang kamu pakai memanglah beras berkualitas. Biasanya, beras berkualitas punya ciri-ciri berupa teksturnya yang pulen, beraroma wangi, serta bersih.

Untuk bisa mendapatkan beras semacam itu, kamu mesti mengeluarkan uang agak banyak, mengingat harganya yang mahal. Namun, hal itu sebanding dengan kualitas yang akan kamu dapatkan nanti.

2. Rendam Berasnya dengan Beras Ketan

Saat hendak membuat tumpeng, rendamlah berasnya dengan beras ketan. Habis itu, aron campuran beras itu dan kukus sampai matang. Tutup campuran beras yang telah menjadi nasi tersebut dengan plastik supaya teksturnya tidak kering akibat terkena angin. Cara ini bisa membantu tekstur nasi tumpengnya tidak mudah retak dan tidak keras.

Siapkan cetakan untuk tumpengnya. Habis itu, kamu bisa langsung masukkan nasinya ke cetakan tersebut. Namun, sebelumnya kamu mesti mengikuti dua tips lainnya yang ada di bawah ini!

3. Masukkan Daun Pisang ke Bagian Ujung Cetakan Tumpeng

Sebelum nasi tumpeng dimasukkan ke cetakan tumpeng, kamu mesti memasukkan daun pisang ke bagian ujung cetakannya. Tujuannya agar nasi tumpeng tidak lengket dan bagian atasnya bisa mengerucut dengan sempurna.

4. Tekan Nasi Secukupnya

Banyak yang berpikir kalau tumpeng mesti ditekan agak padat agar nasinya tidak retak dan tidak keras. Nyatanya, cara tersebut justru rentan membuat nasi retak saat dimasukkan ke cetakan tumpeng.

Tekanlah nasi secukupnya ke cetakan tumpeng. Jangan takut nasinya retak. sebab, campuran beras ketan yang ada di dalam nasinya akan menjaga tekstur dari nasi itu sendiri.

Itulah beberapa tips membuat tumpeng yang anti retak dan tidak keras.Semoga bermanfaat dan bisa kamu praktekkan sendiri. Bila nanti ternyata kamu tidak sempat membuatnya sendiri karena alasan waktu, kamu tak usah khawatir. Apalagi jika kamu tinggal di daerah Jakarta.

Pasalnya, sekarang kamu bisa memesan tumpeng secara online via rumahtumpengjakarta.com. Disana, kamu bisa membeli tumpeng dengan tekstur bagus dan harga terjangkau. Bahkan, disana ada tumpeng mini yang praktis dan cocok disajikan di berbagai acara. Jika kamu tertarik membelinya, silakan langsung saja klik disini.

Sekian artikel kami kali ini. Sampai ketemu di artikel berikutnya!

You May Also Like

About the Author: Anggie