Rekomendasi Botol Susu Anti Kolik Terbaik dan Tips Memilih Botol

Ada berbagai macam ukuran, bentuk, dan merk botol susu yang beredar di pasaran, salah satunya yang paling populer adalah botol susu anti kolik. Lalu, apa itu botol anti colic?

Botol susu bayi anti kolik adalah botol yang dirancang menggunakan teknologi khusus untuk mencegah risiko gangguan pencernaan akibat udara yang ikut tertelan saat si Kecil minum susu. Untuk mengetahui merk botol susu bayi anti kolik yang recommended, berikut ulasan selengkapnya:

Rekomendasi Botol Susu Anti Kolik Terbaik

1.      Mam Anti-Colic 5oz Baby Bottle

Salah satu rekomendasi botol susu bayi yang mampu mencegah kolik, yaitu Mam Anti-Colic 5oz. Botol susu satu ini terbuat dari bahan yang tahan panas dan BPA free, sehingga aman dan tidak rusak saat disterilkan dengan microwave.

Nipple yang digunakan pada botol susu ini juga menyerupai puting payudara yang lembut dan lentur sehingga si Kecil lebih nyaman saat minum susu. Bagian dasar botol ini juga dilengkapi lubang ventilasi untuk menyeimbangkan tekanan di dalam botol sehingga aliran susu bisa stabil dan konstan.

2.      Medela Calma

Medela Calma juga bisa menjadi botol susu bayi anti kolik. Dengan dibekali teknologi yang berbeda dari botol susu lainnya, cairan susu baru akan mengalir ke luar ketika si Kecil mengisapnya dengan cara yang tepat seperti ketika mengisap payudara (breastfeeding).

Dengan begitu, si Kecil bisa mengatur sendiri ritme aliran yang keluar, bernapas, dan berhenti sejenak sehingga mencegah bayi tersedak.

3.      Philips Avent Natural Baby Bottle

Bagi Moms yang sedang mencari botol susu merk apa yang aman untuk bayi, Philips Avent Natural Baby Bottle. Desain dot yang digunakan untuk botol susu satu ini dibuat semirip mungkin seperti puting payudara dengan tekstur yang lembut dan lentur.

Karakteristik dot Avent ini bertujuan memudahkan proses pelekatan saat si Kecil sedang menyusu sehingga mengurangi kemungkinan masuknya udara ke saluran cerna yang bisa menyebabkan kolik dan kembung. Botol susu ini juga menggunakan desain ergonomis yang nyaman digenggam.

4.      Pigeon Nursing Bottle

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan produk botol bayi dari Pigeon, bukan? Pigeon Nursing Bottle merupakan salah satu rekomendasi botol susu bayi terbaik yang aman digunakan karena terbuat dari bahan polypropylene (PP) dan bebas dari kandungan Bisphenol-A (BPA).

Apakah botol Pigeon anti kolik? Ya, botol susu merk ini dapat meminimalisir risiko kolik pada bayi karena adanya fitur peristaltic nipple. Fitur ini memungkinkan lidah si Kecil bergerak halus secara alami seperti ketika ia mengisap ASI sehingga meminimalkan risiko bayi tersedak.

5.      Dr. Brown’s Natural Flow

Rekomendasi botol susu anti kolik terbaik selanjutnya yaitu Dr. Brown’s Natural Flow. Botol susu satu ini sudah dilengkapi dengan fitur internal vent system yang dapat mencegah gelembung udara tertelan saat si Kecil minum susu melalui botol sehingga mengurangi risiko kembung dan kolik.

Fitur internal vent system ini juga bisa dilepas pasang sesuai kebutuhan. Selain itu, botol susu anti kolik satu ini juga memiliki efek vakum sehingga mampu menjaga dan mempertahankan nilai gizi di dalam ASI dan susu formula.

Tips Memilih Botol Susu Bayi yang Tepat

Ketika memilih botol bayi, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan agar si Kecil lebih nyaman saat menyusu. Berikut ini beberapa tips memilih botol susu untuk bayi yang tepat.

1.      Perhatikan Material Botol Susu

Tips pertama saat memilih botol susu bayi yang tepat yaitu memperhatikan material atau bahan yang digunakan untuk membuat botol. Ada beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk botol bayi antara lain material kaca, plastik, dan tritan.

Setiap bahan yang digunakan juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk botol susu yang terbuat dari kaca memiliki keunggulan yaitu tahan terhadap suhu panas dan lebih higienis karena mudah dibersihkan dan disterilkan menggunakan microwave.

Untuk botol susu yang terbuat dari plastik memiliki keunggulan yaitu bobotnya ringan dan aman dibawa bepergian. Sementara itu, untuk material tritan menawarkan kelebihan yaitu tidak mudah retak dan tahan panas sehingga bisa dibersihkan menggunakan microwave atau sterilizer.

2.      Perhatikan Ukuran Nipple

Selain bahan botol, ukuran nipple atau dot juga menjadi bahan pertimbangan yang wajib Moms perhatikan saat memilih botol susu. Ada beberapa pilihan ukuran yang bisa disesuaikan dengan usia dan daya isap si Kecil yaitu ukuran SS, S, M, dan L.

Ukuran dot ini juga akan mempengaruhi aliran yang keluar. Moms juga harus memperhatikan kecepatan isapan si Kecil dalam menghabiskan susu. Apabila bayi menghabiskan susu dalam waktu yang cepat, Moms bisa menurunkan ukuran dot yang digunakan.

Semakin rapat dot yang digunakan, maka semakin sedikit pula aliran susu yang keluar dari botol. Cara ini bisa dilakukan untuk mencegah overweight pada bayi akibat terlalu banyak konsumsi susu.

3.      Tentukan Jenis Lubang Nipple

Ada beberapa jenis lubang nipple atau dot yang beredar di pasaran yaitu lubang silang, lubang bulat, dan tiga lubang. Jenis lubang dot yang banyak digunakan yaitu lubang bulat. Jenis lubang bulat ini biasanya digunakan untuk bayi baru lahir (newborn).

Apabila masih dirasa kurang mencukupi kebutuhan minum susu si Kecil, Moms bisa memilih jenis dot tiga lubang. Jenis lubang dot ini biasanya digunakan untuk bayi yang sudah berusia 3 bulan di mana pada usia ini, bayi sudah bisa mengatur ritme isapan.

Sementara itu, jenis dot dengan lubang silang disarankan untuk bayi yang masih belum tercukupi kebutuhan susunya jika menggunakan dot jenis tiga lubang. Jenis dot dengan lubang silang ini akan mengeluarkan aliran susu dalam jumlah lebih banyak dibandingkan kedua jenis lubang lainnya.

4.      Cek Material Dot

Selain material botol, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu material yang digunakan untuk pembuatan dot. Secara umum, ada dua jenis material yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan dot bayi yaitu karet silikon dan karet sintetis.

Kedua material dot ini biasa dibersihkan dan disterilkan menggunakan metode perebusan, microwave, atau sterilizer. Kedua bahan dot ini juga bisa dibersihkan menggunakan sabun disinfektan khusus.

Moms juga tidak perlu khawatir dengan bau karet, karena kedua bahan ini tidak mengeluarkan bau karet yang aneh. Meski begitu, dot yang terbuat dari karet silikon lebih direkomendasikan karena tahan terhadap suhu panas dan tahan lama.

5.      Cek Keunggulan yang Ditawarkan

Belakangan ini, semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen botol susu bayi sehingga ada berbagai pilihan botol yang menawarkan kelebihan. Salah satu produk yang populer yaitu botol susu anti kolik yang memberikan sensasi nyaman seperti ketika bayi minum susu melalui payudara.

Dilansir dari situs web Dr. Brown’s, botol susu Dr. Brown’s mampu mencegah kolik, sendawa, kembung, dan muntah pada bayi. Selain itu, botol susu ini juga mampu mempertahankan kandungan gizi pada susu dan memberikan aliran yang konstan untuk mengurangi risiko bayi tersedak. Dari penjelasan di atas, Moms sudah tidak bingung lagi memilih botol susu anti kolik yang bagus dan aman untuk si Kecil, bukan? Sebagai pilihan terbaik, Moms bisa memilih botol susu Dr. Brown’s yang sudah dilengkapi internal vent system, efek vakum, dan tentunya bebas BPA.

You May Also Like

About the Author: Makka El Fatih Setiawan