Penulisan Rupiah yang Benar dengan Contoh Lengkap

Cara penulisan Rupiah yang benar harus dipelajari dan dipraktekkan oleh masyarakat. Sebab, penulisan yang benar dapat mengerucutkan nominal sesuai tanpa ada kesalahan ejaan.

Nyatanya, masih banyak kesalahan dalam tata dan struktur penulisan mata uang Indonesia ini. Padahal, ini harus menjadi dasar yang perlu diperhatikan oleh masing-masing warga negara.

Rupiah sebagai mata uang Indonesia mempunyai karakteristik penulisan secara tersendiri. Hal ini tidak dapat dibandingkan dengan struktur mata uang negara lain. Oleh karena itu, penting bagi Anda jasa penulis artikel SEO untuk mengerti dan memahaminya.

Penulisan Rupiah yang Benar Menurut PUEBI

Ada beberapa ketentuan yang harus Anda perhatikan dalam menulis nominal Rupiah sesuai EYD. Setiap penggunaan tanda baca harus menjadi perhatian agar dapat menulis dengan baik dan benar. Untuk menulisnya, Anda dapat menyimak penjelasan lengkap di bawah ini.

  1. ‘Rp’ sebagai simbol bagi Rupiah

Penulisan Rupiah yang benar dimulai dengan mengetahui penggunaan tanda mata uang. Rupiah tidak ditulis secara kasat mata, melainkan disesuaikan dengan tanda mata uang menjadi Rp.

Contoh penulisan menggunakan Rp, sebagai berikut:

Rp500.000,00

Rp2.000,00

Dalam berbagai penempatan nominal, baik di awal paragraf atau kalimat, selalu dituliskan seperti yang di gambarkan di atas. Anda perlu membiasakan dalam menulis Rupiah dengan Rp.

  1. Ketentuan Spasi

Terkadang penulisan yang salah adalah memisahkan tanda mata uang dengan nominal angka. Kesalahan sering ditemui seperti ini, simak contoh dan penjelasannya berikut.

Rp 5.000.000,00

Rp 1.500,00

Ini adalah contoh salah. Seharusnya, Anda harus menggabungkan ‘Rp’ dengan angka pertama dalam sebuah nominal. Hal ini juga bertujuan agar tidak terjadi penambahan digit secara sembarangan.

  1. Penggunaan Tanda Titik

Selanjutnya, nominal harus dipisahkan dengan tanda titik (.). Tanda titik menjadi pembeda bilangan seperti puluhan dan ratusan.

Selain menjadi pembeda, penggunaan tanda titik merupakan komponen penting yang wajib agar memudahkan untuk dibaca. Coba Anda bedakan antara penulisan kedua ini.

  • Rp250000,00
  • Rp250.000,00

Nomor (2) merupakan contoh yang benar karena memisahkan bilangan 0 yang menyatakan puluhan.

  1. Penggunaan Tanda Koma

Setelah memastikan penggunaan dari Rp, spasi, dan titik, langkah selanjutnya adalah memastikan penggunaan tanda koma.

Tanda koma (,) diikutsertakan dalam menyatakan akhir dari nominal yang ditulis. Tanda koma akan diikuti dua angka yaitu nol dan nol (00) sebagai akhiran.

Jangan sampai Anda menulis dengan diakhiri dengan tanda titik. Karena itu akan menjadi kesalahan.

Setiap negara mempunyai mata uang masing-masing dengan penulisan yang berbeda. Sehingga, perlu dicatat bahwa ini berlaku untuk Rupiah (Rp) Indonesia.

Karena beberapa masih ada kesalahan dalam penulisan ini. Namun, sebenarnya penguasaan materi ini adalah syarat utama dalam penulisan rupiah yang benar sesuai dengan PUBEI.

You May Also Like

About the Author: Makka El Fatih Setiawan