Panduan Lengkap Saat Hamil 11 Minggu

Di minggu ke-11 kehamilan tentu akan memberikan kebahagiaan karena si kecil yang mulai tumbuh dan berkembang secara perlahan. Ibu tentu seringkali bertanya bagaimana perkembangan janin saat hamil 11 minggu. Mengetahui perkembangan ibu dan janin juga bisa menjadi acuan apakah ibu dan janin sehat.

Perkembangan Janin Pada Usia Kehamilan 11 Minggu

Pada usia kehamilan 11 minggu, janin dalam kandungan sudah sebesar buah strawberry. Sedangkan untuk panjangnya sekitar 5 inci dari ujung kepala sampai tumit. Meski masih muda, ada banyak perubahan yang terjadi di minggu ke-11 kehamilan antara lain:

  1. Pembentukan kepala dan wajah bayi

Salah satu perkembangan kehamilan pada minggu ke-11 kehamilan adalah pembentukan wajah dan kepala bayi. Kepala bayi biasanya masih cukup besar bahkan memiliki panjang setengah dari keseluruhan panjang tubuhnya saat itu.

Wajah bayi juga sudah mulai terbentuk termasuk bagian mata, hidung dan mulut, terutama kedua telinga yang semakin mendekati posisi akhir pada kedua sisinya. Namun kelopak mata bayi masih tertutup pada minggu kehamilan ini. 

  1. Perkembangan organ reproduksi bayi

Organ reproduksi janin juga sudah mulai berkembang pada usia kehamilan 11 minggu. Meskipun organ reproduksinya sudah mulai berkembang, pemeriksaan USG untuk mengetahui jenis kelamin bayi masih belum memungkinkan. Hal ini karena alat kelamin bayi masih belum terbentuk sempurna dan akan mulai terbentuk di akhir minggu ke-11 dan biasanya akan mulai terlihat jelas pada usia kehamilan di minggu ke-14.

  1. Pertumbuhan folikel rambut

Di dalam kandungan yang memasuki usia kehamilan minggu ke-11, folikel rambut janin juga sudah mulai muncul dan perlahan-lahan akan mulai tumbuh seiring bertambahnya waktu. Folikel rambut muncul tidak hanya di kepala, tetapi juga di seluruh tubuh bayi.

  1. Pertumbuhan jari tangan dan kaki bayi

Jari tangan dan kaki juga akan mulai tumbuh dan terlihat lebih jelas dibandingkan minggu sebelumnya, ini juga membuat tampilan tangan dan kaki janin sudah tidak berselaput seperti katak. Seiring dengan perkembangan jari tangan dan kaki bayi, perkembangan kuku pada jari-jarinya juga akan mulai tumbuh.

  1. Paru-paru bayi mulai berkembang

Sama seperti alat kelamin bayi tumbuh secara perlahan, begitu juga saluran udara bayi untuk pernafasannya. Saat hamil 11 minggu, bayi sudah dapat menghisap dan mengeluarkan cairan ketuban dengan tujuan untuk membantu fungsi paru-parunya yang juga akan ikut berkembang.

Perubahan Pada Ibu Pada Masa Kehamilan 11 Minggu

Sejak minggu ke-11 kehamilan, ibu akan sudah mulai memiliki tenaga. Pada minggu pertama kehamilan, morning sickness dan mual yang biasanya dialami ibu hamil akan mulai berkurang. Pada kehamilan minggu ke-11, adanya darah yang masih keluar juga masih terbilang normal.

Pendarahan atau flek ini mungkin disebabkan oleh pendarahan implantasi yang seringkali merupakan tanda hamil muda. Perut ibu dengan usia kandungan 11 minggu memang masih terlihat membesar hanya saja ada beberapa perubahan yang dialami oleh ibu di usia kandungan ini yaitu:

  1. Nafsu makan mulai meningkat

Pada minggu ke-11 kehamilan, Anda mungkin masih merasa lebih lapar daripada minggu sebelumnya karena memang adanya peningkatan nafsu makan di mana minggu sebelumnya karena masih sering merasakan mual dan muntah. Menurut Kids Health, kenaikan berat badan sekitar 11,33 kg hingga 15,87 kg disarankan pada minggu ke-11 kehamilan.

Anda bisa menambah berat badan dengan makan makanan sehat, bergizi dan membatasi junk food serta makanan yang dapat membahayakan ibu dan janin. Tidak perlu makan langsung terlalu banyak. Makan dengan porsi sedikit namun sering. Hasilnya, ibu hamil menjadi sehat dan janin mendapat nutrisi yang cukup di dalam kandungan.

  1. Perut kembung

Dengan peningkatan usia kandungan biasanya rasa begah atau perut kembung juga akan mulai dirasakan oleh ibu hamil. Kondisi perut kembung dapat memburuk, terutama setelah ibu hamil makan karena perut yang memproduksi gas saat mencerna makanan atau ketika mengonsumsi makanan dengan kandungan gas yang tinggi. Ini karena terjadi peningkatan hormon progesteron yang memperlambat sistem pencernaan.

Ketika sistem pencernaan melambat, makanan yang Anda makan tetap berada di perut lebih lama, menyebabkan perut dan gas menumpuk di sistem pencernaan. Akibatnya, nutrisi yang diserap oleh aliran darah dan disalurkan ke janin akan lebih lambat. Hal ini menyebabkan sering sendawa dan kembung yang mungkin akan membuat ibu hamil menjadi kurang nyaman.

  1. Sembelit

Saat hamil 11 minggu, ibu hamil mungkin mengalami sembelit karena hormon yang memperlambat pencernaan. Untuk mengatasi sembelit, pastikan untuk mengonsumsi air putih yang cukup, akhir bergerak setidaknya melakukan olahraga ringan, dan juga mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya serat untuk mendukung sistem pencernaan.

  1. Sensasi panas pada ulu hati (heartburn)

Selain sembelit, ibu hamil juga bisa mengalami heartburn atau sensasi panas pada bagian ulu hati. Sensasi panas ini memang umum terjadi karena adanya hormon kehamilan yang melemaskan katup yang membatasi antara perut dan kerongkongan sehingga gas mudah naik ke atas.

  1. Sering buang air kecil

Buang air kecil yang terlalu sering sebenarnya termasuk normal pada usia kandungan 11 minggu. Ini karena produksi hormon hCG yang meningkatkan aliran darah ke panggul dan ginjal sehingga mengakibatkan Anda akan lebih sering buang air kecil. Tetapi bukan berarti Anda mengurangi asupan cairan karena alasan malas ke kamar mandi. Ibu hamil dan janin tetap membutuhkan cairan yang cukup agar tubuh dan janin terhidrasi dengan baik.

Yang Harus Diperhatikan Saat Hamil 11 Minggu

Berbagai perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan pada usia kandungan 11 minggu antara lain mual dan muntah (morning sickness), nyeri dada atau heartburn, payudara terasa pegal atau perih, sering buang air kecil, sembelit atau susah buang air besar, pusing atau bahkan ngidam. Beberapa wanita hamil juga sensitif terhadap bau tertentu, seperti parfum dan asap rokok.

Untuk meringankan morning sickness, sebaiknya makan sedikit namun sering agar tidak mual dan mengatasi kembung. Perbanyak dengan minum air agar tubuh terhidrasi. Selain itu, istirahat yang cukup dapat membantu mengurangi kelelahan di awal kehamilan. Hindari makanan yang digoreng, makanan tinggi lemak, makanan pedas, dan minuman bersoda di awal kehamilan untuk mencegah sembelit.

Anda juga harus mempertimbangkan makanan tinggi serat dan lakukan aktivitas fisik yang ringan. Jangan menahan buang air kecil karena dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Jangan berdiri terlalu lama atau berganti posisi secara tiba-tiba, sebaiknya berbaring menghadap kiri agar dapat mengurangi pusing.

Inilah perkembangan hamil 11 minggu bagi ibu dan bayi serta beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk informasi lebih lengkap Anda dapat mengunjungi web dr browns. DrBrown’ssendiri merupakan produk bayi yang paling direkomendasikan mulai dari botol susu, teether, alat sterilisasi, alat makan, dll yang semuanya menggunakan BPA Free yang didukung oleh berbagai teknologi canggih.

You May Also Like

About the Author: Makka El Fatih Setiawan