Mengenal Jenis-Jenis Backlink untuk SEO

Salah satu tools yang ada pada SEO adalah backlink. Bagi yang belum tahu, backlink merupakan tautan yang mengarahkan pembaca ke sebuah website. Backlink sendiri punya beragam jenis.

Pada artikel ini, kami akan sebutkan apa saja jenis backlink untuk SEO.Semua jenis backlink itu bisa disimak sebagai berikut!

Backlink dari Blogging

Jenis backlink pertama adalah backlink dari blogging. Backlink satu ini biasanya berisi link dari website atau blog lain yang berkualitas. Untuk mendapatkan backlink ini, kamu harus membuat blog atau website-mu punya konten berkualitas. Selain itu, konten yang dibuat jangan sampai memiliki unsur promosi di dalamnya. Semakin berkualitas kontennya, kamu bakal semakin mudah mendapatkan backlink dari sejumlah blog berkualitas.

Backlink Berbasis Kerja Sama

Kalau yang satu ini didapat dari kerjasama pemilik web/blog dengan pihak lain. Biasanya, pihak yang diajak sama adalah webmaster, jurnalis, atau blogger ternama. Seperti jenis backlink sebelumnya, kamu juga mesti menghasilkan konten berkualitas dulu untuk bisa mendapatkan jenis backlink ini. Nantinya konten berkualitas yang kamu hasilkan tinggal ditawarkan ke pihak yang ingin diajak kerja sama. Dengan begitu anda akan memperoleh link berkualitas seperti misalnya dari jasa backlink.

Backlink Via Komentar

Jenis backlink ini lazim ditemukan di kolom komentar website atau blog. Biasanya, backlink ini bakal disertai komentar dan link website. Dibanding dua jenis backlink sebelumnya, jenis backlink ini cukup berisiko. Pasalnya, jika tidak dipakai dengan baik, jenis backlink ini bisa disalahgunakan oleh spammer.

Untuk menghindari risiko itu, kamu harus menyimpan jenis backlink ini ke kolom komentar website berkualitas. Pastikan kamu tidak terlalu sering memakai jenis backlink ini, supaya tidak menurunkan reputasi website atau blog punyamu.

Backlink dari Situs Berita

Jenis backlink satu ini meupakan backlink berisi siaran pers atau situs dari portal berita, baik dalam maupun luar negeri. Kamu harus punya modal uang yang banyak untuk mendapatkannya, karena jenis backlink satu ini tergolong mahal. Untuk dalam negeri, kamu harus membeli backlink ini dengan harga mulai Rp 1 juta, sedangkan kamu harus mengeluarkan kocek hingga puluhan juta jika ingin membeli jenis backlink ini dari luar negeri.

Backlink Profile

Bagi kamu yang mau memperkuat branding website atau blogmu, jenis backlink satu ini cocok dipakai. Untuk mendapatkan jenis backlink ini, kamu harus memanfaatkan pemeriksa backlink sebaik-baiknya. Lewat pemerika backlink, kamu bakal lebih mudah menemukan backlink profile yang kamu mau. Kamu pun juga bisa mengetahui siapa saja blog atau website pesaingmu.

Backlink Editorial

Jenis backlink yang terakhir adalah backlink editorial. Jenis backlink ini sebetulnya mirip dengan backlink portal berital. Hanya saja, kamu tak perlu mengeluarkan kocek banyak untuk mendapatkan backlink satu ini. Kamu cukup ciptakan saja konten berkualitas. Akan lebih baik lagi jika kontennya mengandung wawancara atau ringkasan terhadap suatu topik.

Konten tersebut lantas kamu tawarkan ke webmaster atau pemilik media. Nantinya, mereka akan memberikan jenis backlink ini, jika merasa tertarik dengan konten buatanmu.

Penutup

Backlink merupakan salah satu tools dalam SEO. Tools satu ini bisa mengarahkan pembaca atau pengunjung untuk masuk ke sebuah website. Backlink sendiri punya enam jenis. Tiap jenisnya mesti didapatkan dengan cara-cara berbeda. Keenam jenis backlink itu sudah kami jelaskan satu per satu di artikel kali ini.

Untuk anda yang tidak mau repot dalam urusan link building, anda bisa mempercayakan sama ahlinya pada Garuda Website.

Demikianlah artikel dari Resep Harian kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

You May Also Like

About the Author: Anggie