Kenali Jenis Gula Yang Beredar di Pasaran

Bagi pecinta makanan manis, pasti tahu kan ap aitu gula? Gula merupakan salah satu produk yang memiliki rasa yang manis. Gula terbuat dari berbagai bahan dasar yang bervariasi yang nantinya akan kami jelaskan di dalam artikel ini.

Seperti yang kita tahu bahwa gula merupakan bahan pangan yang hampir setiap hari digunakan oleh masyarakat. Dengan kemampuan teknologi pangan bisa merubah olahan gula menjadi lebih bervariatif yang tentunya bisa mnyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Salah satu universitas swasta di Bandung menawarkan jurusan teknologi pangan dan juga jurusan agraris yang mungkin kamu tertarik dengan jurusan tersebut. Ngomong-ngomong mengenai gula. Tahukah kamu, ternyata ada banyak jenis gula yang beredar di pasaran loh. Nha berikut ini ialah beberapa jenis gula yang bisa kamu ketahui:

  • Gula pasir

Pertama ialah gula pasir. Nah gula pasir ini merupakan salah satu gula yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan gula pasir, kamu bisa membuat berbagai olahan makanan dan juga olahan minuman yang memiliki rasa manis.

Gula pasir ini terbuat dari tebu yang diolah sedemikian rupa dan bisa menghasilkan butiran kristal gula pasir.

  • Gula Aren

Kedua ialah gula aren. Gula aren terbuat dari nira pohon enau yang direbus, kemudian sampai berubah warna. Untuk bentuk gula aren biasanya dibentuk menyerupai tabung seperti silinder dan juga ada yang dicetak menggunakan batok kelapa.

Gula aren mengandung kandungan indeks glikemik yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kandungan yang ada di dalam gula pasri. Sehingga, gula aren memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah.

  • Brown Sugar

Ketiga ialah brown sugar. Nha brown sugar ini ialah gula merah yang mana terbuat dari gula putih yang diberi tambahan bahan seperti molases yang bisa merubah warnanya menjadi coklat. Ada dua jenis borwn sugar yaitu dark brown dan light brown.

  • Gula Batu

Keempat ialah gula batu.  Gula batu ini merupakan gula putih atau gula coklat yang dilarutkan , kemudian dikristalkan seperti bentuk batu. Untuk rasanya lebih ringan jika dibandingkan dengan gula pasir.

  • Gula Merah atau Gula Jawa

Kelima ialah gula merah atau gula jawa.  Gula jenis inis erring digunakan untuk pembuatan kue basah atau kue tradisional lainya. Gula jawa tidaklah sama dengan gula aren karena gula jawa ini terbuat dari nira pohon kelapa yang dipadatkan dibentuk menjadi silinder.

  • Gula Jagung

Keenam ialah gula jagung. Gula jagung bisa digunakan sebagai pengganti gula pasir yang mana juga memberi rasa manis pada makanan dan minuman.

  • Gula Karamel

Ketujuh ialah gula karamel.  Gula jenis ini terbuat dari pengentalan gula dnegan cara dipanaskan. Gula caramel ini biasanya digunakan untuk perasa dan juga pemberi warna pada kue.

You May Also Like

About the Author: Nurul