Kapan Terakhir Kali Anda Scaling Gigi?

Coba jawab pertanyaan ini, kapan Anda terakhir membersihkan karang gigi di dentist Jogja? Satu tahun yang lalu, lima tahun yang lalu, atau mungkin belum pernah sama sekali?

Jangan sampai karang gigi menumpuk hingga mengundang penyakit-penyakit gigi yang tidak diinginkan. Penyakit gigi dan gusi yang memberikan dampak lebih besar dari sekedar adanya karang gigi.

Jangan juga sepelekan perlakuan medis seperti pembersihan karang gigi. Anda harus tahu apa saja bahayanya, bahaya dari ditunda atau tidak dilakukannya pembersihan karang gigi.

Bahaya Jika Scaling Tidak Dilakukan

Setelah mengetahui apa saja bahaya dari tidak dibersihkan karang gigi di dentist Jogja, Anda bisa terinspirasi untuk segera melakukannya. Untuk segera mencari klinik gigi terdekat dan mendapatkan perawatan ini. Berikut satu per satu bahayanya.

1.       Bau Mulut

Bahaya yang pertama memang hanya bau mulut, namun tetap tidak bisa disepelekan karena sebagian orang menganggap ini sebagai masalah besar.

2.       Gigi Mudah Berlubang

Selain bau mulut, karang gigi yang menumpuk juga bisa menyebabkan gigi cepat berlubang. Seperti anak-anak yang suka makan coklat dan manis-manisan, Anda adalah orang dewasa yang tidak suka makan makanan itu namun giginya mudah berlubang.

Masih bisa dimaklumi jika yang berlubang bagian dalam atau hanya satu gigi, bagaimana jika yang berlubang di bagian depan? Atau banyak gigi sekaligus? Pasti mengganggu.

3.       Radang Gusi

Meradangnya gusi bisa memberikan rasa sakit atau nyeri. Gusi akan mudah berdarah, terutama saat Anda sedang menyikatnya. Bukan hanya itu saja, gejala lainnya adalah gusi akan membengkak dan berwarna merah tua. Dijumpai juga gusi berubah menjadi kecoklatan, coklat gelap, ketika gusi meradang.

4.       Periodontitis

Lebih parah dari sebelumnya, karang gigi yang menumpuk bisa menyebabkan periodontitis. Gejala yang muncul adalah Anda akan merasakan sakit ketika mengunyah (untuk mengunyah makanan yang lunak sekalipun), gigi lepas tanpa sebab, hingga adanya kantong berisi nanah di gusi.

Jika ini yang Anda rasakan, jangan tunda lagi datang ke klinik gigi. Supaya karang gigi segera dibersihkan dan penyakit ini disembuhkan.

Anda Membutuhkan Dentist Jogja

Ciri Anda sudah sangat membutuhkan dentist Jogja saat ini juga adalah ketika Anda mulai merasakan munculnya darah setiap saat, terutama saat menyikat gigi. Napas terasa bau padahal sudah sikat gigi. Merasakan nyeri di bagian gigi juga bisa menjadi penanda karang gigi sudah terlalu menumpuk.

Apalagi kalau sampai karang gigi terlepas sendiri, harus segera cari dentist Jogja. Supaya Anda segera mendapatkan prosedur pembersihan karang dengan baik. Mungkin akan terasa ngilu, namun tidak akan lama, dan setelahnya Anda akan puas karena mendapatkan gigi dan gusi yang lebih sehat. 

You May Also Like

About the Author: Makka El Fatih Setiawan