Kamu pemula? Berikut Tips Memilih Reksadana yang Tepat

Maraknya konten edukasi finansial dan investasi pada berbagai platform media sosial seperti Youtube, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya memberi dampak positif yakni meningkatnya angka pertumbuhan investor di Indonesia. Dengan konten edukasi tersebut, semakin banyak kalangan yang paham pentingnya manajemen keuangan dan investasi.

Bursa Efek Indonesia (BEI) merekam bahwa selama tiga tahun terakhir meningkatnya jumlah investor pasar modal Indonesia dari 2018 hingga 2021 didominasi oleh generasi muda yaitu milenial dan Gen Z. Mereka menanamkan uang mereka pada instrumen saham, obligasi, dan instrumen investasi lainnya.

Tetapi, sangat disayangkan karena masih banyak orang-orang yang memulai investasi hanya karena mengikuti trend yang sedang ramai saat ini tanpa memiliki pengetahuan yang memadai.

Untuk kamu yang baru memulai atau berencana untuk berinvestasi, terdapat jenis investasi yang ramah bagi pemula. Yaitu reksadana jenis reksadana pasar uang.

Kenali apa itu reksadana dan jenis-jenisnya

Reksadana atau mutual fund merupakan aktivitas dimana para pemodal mengumpulkan dana yang nantinya akan diinvestasikan pada instrumen-instrumen lainnya yang praktiknya dikelola oleh manajer investasi profesional. Reksadana merupakan jenis investasi yang aman bagi pemula karena dikenal memiliki risiko yang rendah namun untung yang bisa dinikmati. Investasi reksadana juga tepat untuk dijadikan rencana investasi jangka pendek, menengah, dan panjang.

Pembahasan di bawah ini adalah tentang jenis-jenis reksadana yang paling populer di Indonesia.

  • Reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang sangat banyak diminati terutama bagi pemula karena memiliki risiko yang kecil. Cara investasi reksadana  ini adalah dana yang terkumpul akan dialokasikan ke produk pasar uang seperti deposito maupun surat berharga. Jangka waktu jenis reksadana ini cukup singkat yaitu satu tahun. Meskipun menawarkan risiko yang rendah, mengingat prinsip higher risk, higher return saat berinvestasi, dengan reksadana pasar uang kamu akan mendapatkan return sebesar 4% hingga 7%. Walaupun tidak sebesar return jenis reksadana lainnya, return reksadana pasar uang lebih besar ketimbang mendepositokan uang di bank lho!

  • Reksadana pendapatan tetap

Pada jenis reksadana ini, uang yang terkumpul dari para investor akan diinvestasikan ke obligasi milik pemerintah dan pihak swasta dan juga sektor pasar uang. Reksadana pendapatan tetap dapat memberikan return yang lebih tinggi dari pada reksadana pasar uang. Namun, ingat, hal itu berarti reksadana pendapatan tetap memiliki risiko yang lebih tinggi pula.

  • Reksadana campuran

Jenis reksadana campuran adalah ketika dana yang terkumpul dari investor diinvestasikan ke beberapa instrumen, seperti saham, pasar uang, dan obligasi. Reksadana campuran menawarkan return yang cukup besar. Oleh karena itu, apabila kamu juga berani menanggung risiko yang cukup besar pula, tidak ada salahnya mempertimbangkan reksadana campuran.

  • Reksadana saham

Reksadana saham ramai diminati investor karena menawarkan return yang sangat tinggi. Jenis reksadana ini jauh lebih agresif dibandingkan dengan reksadana pasar uang. Pada reksadana ini, manajer investasi mengalihkan dana investor ke pasar saham dan pasar uang.

Reksadana pasar uang pilihan tepat bagi pemula

Setelah mengetahui empat jenis reksadana, kira-kira, jenis investasi reksadana yang mana nih yang paling tepat untuk kamu?

Apabila kamu baru berkecimpung dalam dunia investasi reksadana, sebaiknya kamu memulai dari reksadana pasar uang. Seperti penjelasan di atas, reksadana pasar uang memberikan return yang lumayan namun kamu tidak perlu takut akan risiko yang besar. Selain itu, reksadana pasar uang sangat cocok jika kamu gunakan sebagai tabungan pendidikan atau tabungan dana pensiun. Mengapa demikian? Pastinya, untuk sesuatu yang pasti kamu tidak ingin mengambil risiko yang besar, kan?

Nantinya, jika kamu sudah merasa berpengalaman, memiliki portofolio yang berkembang pesat dan memiliki prospek yang baik, dan yang terpenting berani mengambil risiko lebih, kamu dapat mempertimbangkan jenis reksadana lainnya. Namun untuk pemula, alangkah lebih baik untuk tidak terburu-buru.

Investasi reksadana melalui digibank by DBS, cara investasi reksadana yang mudah

Saat ini, sudah tersedia aplikasi digibank by DBS yang membuat kamu dapat berinvestasi reksadana secara mudah dan pastinya aman. Simak penjelasan berikut, ya!

  • Merupakan bank ternama di Asia

Menurut Global Finance, Bank DBS dinobatkan sebagai “Bank Teraman di Asia” selama 12 tahun berturut-turut. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir dengan sistem keamanan investasimu dengan digibank by DBS. Selain itu, kegiatan investasi di aplikasi ini sepenuhnya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dikelola oleh manajer investasi yang kredibel.

  • Kategori produk reksadana

Pada aplikasi digibank by DBS terdapat pilihan lebih dari 50 produk reksadana oleh manajer investasi dengan harga mulai dari Rp 100.000. Produk tersebut dapat kamu pilih berdasarkan kategori kinerja terbaik, terpopuler, dan produk dengan scoring terbaik. Lebih dari itu, kamu dapat mengetahui detail setiap produknya karena aplikasi ini dilengkapi dengan informasi penting sehingga kamu dapat berhati-hati saat memilih produk. 

  •  Pembelian berkala yang flexible

Melalui fitur ini pada aplikasi digibank by DBS, kamu bisa melakukan investasi reksadana secara berkala, lho! Kamu bisa mengatur sesuai keinginan dan langsung tersambung dengan rekening pendebetan. Dengan fitur ini, kamu bisa rutin dan konsisten berinvestasi.

  • Bisa daftar SID, jual, beli, dan switching di satu aplikasi

Tidak hanya itu, aplikasi ini merupakan aplikasi yang all in one, dimana mulai proses daftar Single Investor Identification (SID), proses jual, beli, dan switching bisa kamu lakukan di satu aplikasi digibank by DBS. Kamu tidak usah repot-repot lagi berpindah aplikasi saat membeli produk investasi dan melakukan pembayaran.

Bagaimana? Menarik kan? Ayo download aplikasi digibank by DBS dan mulai berinvestasi dengan mudah dan 100% digital! Tersedia di AppStore dan Google PlayStore.

You May Also Like

About the Author: Makka El Fatih Setiawan