Jangan Sepelekan Kesehatan Mental

Stres dan juga depresi adalah sebuah hal yang mungkin saja dialami seseorang. Untuk khasusnya bisa saja terjadi karena banyak faktor seperti permasalahan ekonomi, cinta dan lain sebagainya. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa menglami depresi, namun anak-anak juga bisa saja mengalaminya.

Namun sayangnya banyak dari orang yang menganggap remeh kesehatan mental ini, padahal jika dibiarkan secara terus menerus bisa berakibat fatal. Bisa menyebabkan gangguan kejiwaan pada seseorang.

Bukanlah sebuah hal yang tidak mungkin hampir semua orang pastinya mempunyai permasalah dalam kehidupannya. Dan tak jarang pula kita melihat seseorang yang sebenarnya membutuhkan ruang untuk mencurahkan segala persoalannya, namun sayangnya yang mereka dapatkan justru sebaliknya hanya cemooh dari orang-orang sekitar.

Yang terjadi bukannya kembali menjadi semangat justru terjatuh hingga merasa tertekan. Padahal sebenarnya mereka hanya membutuhkan orang yang mau mendengarkan segala keluh kesahnya.

Stres dan Depresi Itu Berbeda

Mungkin kebanyakan orang berpendapat jika stres dan depresi adalah hal yang sama, sama-sama merasakan kesedihan yang luar biasa. Namun sebenarnya stres dan juga depresi merupakan sebuah hal yang berbeda.

Stres merupakan sebuah bentuk ketegangan fisik, psikis serta emosi dan mental bisa bisa mempengaruhi kinerja seseorang pada aktivitasnya. Contohnya adalah jika sebelumnya dia sangat semangat dalam bekerja, namun suatu hari dia menjadi malas, itulah yang disebut dengan stres.

Sedangkan untuk depresi adalah sebuah perasaan  yang biasanya ditandai dengan menurunnya minat untuk melakukan sesuatu hal yang biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang lumayan lama. Contohnya seseorang yang awalnya sangat suka bermain game, tiba-tiba tidak menyukainya sama sekali.

Berikut ini tanda-tanda orang sedang mengalami depresi :

  • Hilangnya motivasi
  • Naik atau turunnya berat badan
  • Mempunyai pikiran untuk menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri.
  • Merasa kehilangan masa depan
  • Sulit tidur
  • Nafsu makan menjadi berkurang atau bahkan bertambah

Diatas hanya beberapa dari gejala depresi saja. Untuk mengetahui gejala selebihnya bisa langsung ke dokter ahli atau lihat pada KampusPsikologi.com.

Jangan Anggap Remeh Depresi dan Stres

Depresi dan juga stress adalah dua hal yang berbeda, namun keduanya sama-sama menyedihkan bagi seseorang. Jangan mengabaikan seseorang yang mengalami depresi, karena jika hal tersebut dibiarkan secara berkelanjutan bisa menyebabkan terjadinya penurunan kinerja serta penyakit psikologis lainnya.

Jangan menganggap kesehatan mental sepele karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Jika untuk sakit fisik anda bisa segera membawanya ke dokter, namun untuk persoalan mental sebaiknya anda pergi ke psikolog atau psikiater.

Selain berobat, pastikan juga dibarengi dengan berdoa kepada Tuhan agar penyakit mental tersebut segera hilang dari diri.

Nah, itulah mengapa sangat tidak dianjurkan untuk menganggap sepele kesehatan mental yang mungkin saja terjadi pada siapa saja. Tanpa terkecuali anda juga.

You May Also Like

About the Author: Niena