Inilah Penyebab Tubuh Kamu Mudah Berkeringat

Pernahkah bertanya-tanya, kenapa tubuh mudah berkeringat? Pada dasarnya, setiap tubuh manusia memang mengeluarkan keringat sebagai bagian dari sistem pendingin tubuh alami. Artinya, suhu tubuh yang meningkat inilah penyebab tubuh kamu mudah berkeringat.

Nah, setelah mengetahui peningkatan suhu sebagai penyebab tubuh berkeringat, pertanyaan selanjutnya adalah apa yang menyebabkan suhu tubuh meningkat? Rupanya ada banyak hal yang bisa menjadi stimulan peningkatan suhu tubuh. Berikut ini dirangkumkan beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya:

1. Konsumsi Makanan Pedas dan Kafein

Suka mengkonsumsi makanan pedas atau kafein? Bisa jadi inilah penyebab tubuh kamu mudah berkeringat! Makanan pedas dan kafein dapat menyebabkanmu merasa kepanasan. Hal ini dikarenakan tubuh terstimulasi oleh rasa pedas dan kandungan kafein.

Suhu tubuh yang meningkat ini mendorong tubuh untuk mengeluarkan keringat. Tujuannya adalah untuk mendinginkan suhu tubuh secara alami. Semakin banyak konsumsi asupan ini maka semakin banyak juga keringat yang diproduksi. Oleh sebab itu sebaiknya konsumsi makanan pedas dan kafein secukupnya saja.

2. Dehidrasi

Saat tubuh merasa kepanasan, tubuh akan memproduksi keringat untuk menurunkan suhunya. Keringat yang diproduksi oleh tubuh akan membawa panas dari dalam tubuh keluar. Dengan demikian suhu tubuh akan menurun akibat adanya penguapan keringat.

Hal demikian tidak dapat berjalan apabila tubuh kekurangan cairan. Tubuh yang mengalami dehidrasi tidak mempunyai sumber air yang cukup untuk digunakan memproduksi keringat. Kondisi ini justru membuat suhu tubuh semakin tinggi sebab panas terkurung dalam tubuh.

3. Kelebihan Berat Badan

Tubuh kecil aka lebih mudah untuk kehilangan panas. Hal ini dikarenakan luas permukaan tubuh yang kecil lebih banyak daripada tubuh yang besar. Tubuh dengan ukuran besar cenderung lebih sulit untuk melepas panas keluar.

Inilah alasan mengapa orang dengan berat badan berlebih mudah merasa kepanasan dan berkeringat. Hal ini dapat diatasi dengan diet dan konsumsi makanan rendah karbohidrat. Menurunkan berat badan secara bertahap ke massa tubuh ideal dapat membantu mengurangi jumlah produksi keringat.

4. Kondisi Ruangan yang Terlalu Lembab

Penyebab lain yang membuat tubuh mudah berkeringat adalah kondisi ruangan yang terlalu lembab. Coba periksa kamar atau ruang kerja yang sering digunakan, apakah sudah mempunyai ventilasi udara yang cukup? Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, cuacanya tidak menentu tapi didominasi oleh kelembaban yang tinggi.

Tingkat kelembaban ini bahkan semakin memburuk saat musim kemarau. Berada di ruangan tertutup dengan ventilasi udara yang minim dalam waktu lama dapat membuat tubuh kepanasan. Wajar saja jika tubuh menjadi mudah berkeringat meskipun sedang tidak bergerak atau sudah mandi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pola asupan, kondisi tubuh, dan tingkat kelembaban udara inilah penyebab tubuh kamu mudah berkeringat. Apabila jumlah produksi keringat mulai mengganggu, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Loading...
Inilah Penyebab Tubuh Kamu Mudah Berkeringat | Makka El Fatih Setiawan | 4.5