Inilah Batas Nilai Normal Kolesterol Kita

Tahukah anda? bahwa sebenarnya tubuh manusia membutuhkan kolestrol agar bisa berkerja dengan maksimal. Akan tetapi jika angka kolestrol sangat tinggi juga bisa menjadi pemicu terjadinya strok dan juga serangan jantung. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk secara rutin melakukan pengecekan atau skrining terhadap jumlah kolesterol dan juga mengetahui batas nilai normal kolesterol kita.

Inilah Batas Nilai Normal Kolesterol Kita

Berdasarkan sebuah penelitian yang telah dikeluarkan oleh The Lancet, mengungkapkan jika kadar kolesterol non-HDL yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung dan juga stroke. Dan juga sebaliknya, jika kolesterol mempunyai kadar non-HDL menurun maka resiko terkena serangan jantung dan stroke juga kecil.

Berbicara mengenai kolesterol, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi untuk anda semua tentang batas nilai normal kolesterol kita. Agar kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Batas Nilai Kolesterol Pada Orang Dewasa

Berdasarkan sebuah Journal of The American College of Cardiology (JACC) yang telah diterbitkan pada tahun 2018, berikut ini batas nilai kolesterol pada orang dewasa.

Kolesterol TotalHDLLDLTrigiiserida
Baik< 200

(semakin rendah maka semakin baik)

>60

Pria >40

Wanita >50

<150 atau idealnya <100
Ambang Batas200-339130-159150-199
Tinggi>=240>160>=200
Rendah<40

 

Notes : Satuan nilai diatas dalam miligram per desiliter (mg/dl) serta berdasarkan ukuran pada saat berpuasa.

Pentingnya Cek Kadar Kolesterol Secara Rutin

Begitu pentingnya untuk kita semua selalu melakukan pengecekan terhadap kadar kolesterol. Berdasarkan pendapat Prof Barbara Thorand dari Pusat Penelitian Kesehatan Lingkungan Jerman di Neuherberg mengungkapkan jika semakin lama kita terpapar oleh kolesterol jahat yang terdapat dalam darah, maka akan menjadi pemicu terjadinya resiko serangan jantung dan juga stroke.

Menurut sumber dari Tha American Heart Association telah merekomendasikan untuk orang dewasa rutin melakukan pengecekan terhadap kolesterol setiap 4 hingga 6 tahun. Pengecekan ini bisa dimulai pada usia 20 tahun. Semakin dengan bertambahnya usia,maka kadarkolesterol juga akan ikut mengalami peningkatan.

Pengecekan terhadap kolesterol ini diawali dengan melakukan puasa selama 9 hingga 12 jam. Untuk anda yang merokok maka dianjurkan untuk melakukan skrining terlebih dahulu. Karena pada orang yang rutin merokok biasanya mempunyai tekanan darah tinggi dan juga terdapat kadar kolesterol HDL yang rendah.

Selain itu, melakukan skrining secara rutin juga sangat dianjurkan terhadap seseorang yang mempunyai riwayat sakit jantung dari keluarga seperti saudara laki-laki sebelum berusia 55 tahun, ayah dan ibu juga saudara perempuan yang mempunyai usia dibawah 65 tahun.

Cara Menjaga Kadar Kolesterol

Seperti yang telah kita ketahui jika kolesterol sangat penting untuk tubuh kita, untuk itu wajib bagi kita untuk selalu menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tetap menjaga kadar kolesterol.

Konsumsi Makanan Rendah Kolesterol

Sebisa mungkin anda untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh tersebut biasanya terdapat pada susu full cream, daging merah dan juga gorengan.

Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Anda bisa mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi agar dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Serat larut ini biasanya bisa ditemukan dalam buah apel, pear, kacang merah dan juga oatmeal.

Melakukan Olahraga Rutin

Cara menjaga kadar kolesterol yang cukup mudah untuk anda lakukan adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa melakukan olahraga sekitar 20 hingga 30 menitan secara rutin. Dengan melakukan olahraga secara rutin maka bisa meningkatkan kadar HDL.

You May Also Like

About the Author: Niena