Cara Merawat Kulit Wajah yang Mudah Berjerawat

Memiliki wajah yang rentan terkena jerawat adalah salah satu tantangan sendiri dan perlu perawatan yang ekstra daripada mereka yang kulit wajahnya normal. Nah bagi kamu yang mengalami masalah ini, berikut akan kami paparkan seputar cara merawat wajah berjerawat di bawah ini :

Yang Dilakukan Untuk Merawat Wajah Mudah Berjerawat

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa sih penyebabnya wajahmu jerawatan. Apakah karena faktor eksternal atau dari dalam atau internal. Konsultasikan hal ini ke dokter spesialis kulit.

Faktor-faktor internal seperti diantaranya riwayat keluarga yang bapa ibu nya berjerawat. Ini ada faktor genetik bawaan termasuk diantaranya adalah perubahan hormol atau pun penyakit-penyakit tertentu.

Sementara itu untuk faktor eksternal yaitu seputar kebersihan wajah, kebiasaan tidur malam, pola makan tidak teratur dan juga penggunaan make up yang tidak cocok.

Berikut ini adalah panduan bagi anda yang mengalami wajah yang mudah berjerawat. Silakan disimak.

1. Menjaga kebersihan kulit wajah

Wajah yang mudah jerawatan pada umumnya cenderung punya produksi minyak berlebih. Sangat disarankan bagi anda yang memiliki minyak berlebih untuk dirutinkan mencuci muka dengan pembersih wajah yang mengandung bahan dasar BHA dan kandungan asam salisilat selama dua hingga tiga kali dalam hari. Produk sambun pembersih kandungan BHA nya tidak boleh lebih dari 2% saja.

Tapi apabila kulit anda kering silakan pakai pembersih wajah yang memiliki kandungan PHA. PHA ini merupakan senyawa turunan dari AHA yang ringan dan tidak ada efek iritasi seperti AHA dan juga BHA.

Kandungan produk-produk diatas sangat bermanfaat untuk mengelupas sel-sel kulit yang mati dan juga meratakan warna kulit.

2. Pakai toner sesudah mencuci muka

Toner memiliki manfaat untuk merawat kulit wajah dan juga membersihkan sisa kotoran yang mungkin masih menempel pada wajah anda setelah anda mencuci muka dengan sabun pembersih wajah.

Bagi yang kulitnya berminyak silakan pakai toner AHA setelah cuci muka sementara untuk kulit wajah kering dan sensitif gunakan toner yang mengandung bahan PHA.

3. Gunakan produk berbahan gel

Bagi yang kulit wajahnya berminyak lebih baik pakai produk yang bertekstur gel atau lotion ringan. Ini bertujuan supaya tidak merangsang kelenjar minyak menjadi lebih aktif. Konsultasikan dengan dokter kulit spesialis untuk masalah ini.

4. Tidak sering begadang

Begadang atau sering tidur larut malam juga akan memicu produksi hormon kortisol atau disebut juga dengan hormon stres. Keadaan ini dapat memperparah kondisi jerawat dan memicu terbentuknya jerawat yang baru. Bagi yang rentan berjerawat sebaiknya hindari kebiasaan ini.

Nah itulah tadi tips Cara Merawat Kulit Wajah yang Mudah Berjerawat. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Makka El Fatih Setiawan