Cara Menyimpan Susu Bubuk Yang Baik Dan Benar

Ada istilah yang mengatakan bahwa makanan yang kita konsumsi haruslah memenuhi aspek 4 sehat 5 sempurna salah satu aspek yaitu pentingnya jika meminum susu. Seperti yang kita tahu bahwa setiap hari lahir kita sudah terbiasa untuk mengonsumsi susu sehingga memang susu tidak bisa kita pisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Dewasa ini ada banyak sekali jenis susu salah satunya adalah susu bubuk. Susu berbentuk bubuk diyakini lebih awet daripada susu yang berbentuk cair atau yang biasa kita kenal dengan nama susu UHT.

13

Susu bubuk sudah melewati beberapa tahapan dan proses pengkristalan sehingga bentuknya memadat menjadi butiran-butiran atau berbentuk bubuk. Namun tidak perlu khawatir karena susu bubuk sendiri masih mengandung banyak sekali manfaat seperti kandungan vitamin mineral kalsium serta enzim yang sangat baik untuk tubuh kita. Tahukah Anda Cara Menyimpan Susu Bubuk Yang Baik Dan Benar? Nah kali ini kami akan memberikan informasi tersebut yang tentunya sangat berguna bagi anda sehingga susu bubuk yang ada di rumah Anda bisa awet dan memiliki daya simpan yang cukup lama tanpa mengurangi kualitas produk susu tersebut. Dan berikut informasinya

  1. Pilih tempat yang kedap udara

Susu bubuk yang biasanya dijual dalam kemasan kaleng tentu saja memiliki wadah atau kontainer yang bisa menjaga susu bubuk tersebut dari udara bebas. Namun jika Anda membeli susu bubuk dalam kemasan plastik yang perlu Anda lakukan untuk membuat susu bubuk lebih awet adalah dengan memindahkan susu tersebut ke wadah yang terdapat udara sehingga susu bubuk bebas dari penggumpalan ataupun berjamur.

  1. Terhindar dari sinar matahari secara langsung

Tips yang berikutnya yaitu Anda bisa menyimpan susu bubuk tersebut pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung ketika hal itu tidak hanya membuat susu tetap awet namun juga agar semua kandungan dan kebaikan yang ada di dalam susu tidak rusak atau hilang. Pilihlah juga wadah yang berwarna gelap atau tidak tembus cahaya sehingga kualitas susu tetap terjaga.

  1. Wadah penyimpanan yang bersih

Tips lain yang bisa anda gunakan yaitu gunakan serta pilihlah wadah penyimpanan susu bubuk yang bersih. Selain itu jauhkan juga tempat penyimpanan susu bubuk tersebut dari benda-benda yang memiliki bau menyengat seperti bawang maupun bahan-bahan makanan yang lain. Jika wadah penyimpanan tidak bersih maka tentu saja akan berkembang kuman dan mengkontaminasi produk susu tersebut sehingga harga susu bubuk menjadi lebih cepat rusak.

  1. Perhatikan suhu penyimpanan

Jangan sekali-sekali menyimpan susu bubuk pada tempat yang terlalu panas maupun terlalu dingin. Akan lebih baik jika anda menyimpan susu bubuk tersebut dalam lingkungan yang sejuk yaitu dengan udara sekitar 24 derajat celcius sampai dengan 35 derajat Celsius. Udara yang terlalu panas ataupun terlalu dingin akan membuat nutrisi serta kebaikan yang ada di dalam susu menurun bahkan hilang.

  1. Jangan menyimpan susu di dalam kulkas

Banyak dari Anda yang mungkin menyimpan susu bubuk di dalam kulkas.  Padahal sebenarnya hal itu sangat perlu untuk dihindari mengingat suhu kulkas yang terlalu dingin sehingga menyebabkan susu bubuk akan rusak yaitu menggumpal. Untuk itu sebaiknya mulai saat ini tidak lagi menyimpan susu di dalam kulkas.

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk Menyimpan Susu Bubuk Sehingga Lebih Awet dan memiliki masa pakai yang lama. Semoga tips yang baru saja anda simak bermanfaat selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Syella Zaneta Poetri