Cara Membuat Efek Bokeh di Ponsel Single Kamera

Tidak dapat dipungkiri jika efek bokeh pada saat ini begitu banyak diminati oleh pecinta fotografi, pasalnya efek tersebut akan menghasilkan sebuah gambar yang tampak profesional dan menarik jika dibandingkan dengan hasil foto tanpa menggunakan efek tersebut.

Efek bokeh sendiri tidak hanya terdapat dalam kamera DSLR saja, namun saat ini kamera ponsel sudah banyak yang dilengkapi dengan fitur bokeh tersebut. Meskipun demikian, sayangnya belum semua merk ponsel yang kameranya didukung dengan efek bokeh.

Masih banyak kamera ponsel yang kameranya tidak mendukung efek bokeh, terlebih lagi untuk ponsel dengan single kamera. Sehingga untuk anda yang ingin mendapatkan efek tersebut harus menggunakan bantuan aplikasi lain.

Apakah anda adalah salah seorang pemilik ponsel single kamera yang ingin mendapatkan hasil jepretan dengan hasil bokeh? jika iya, maka artikel ini cocok untuk anda. Karena pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit tips dan cara membuat efek bokeh pada ponsel single kamera untuk anda.

Cara Membuat Efek Bokeh di Ponsel Single Kamera

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi Dpth melalui Google Play dari smartphone anda. Setelah itu silahkan anda melakukan instalasi dan menjalankannya.

Pada halaman pertama dari aplikasi hampir mirim seperti kamera smartphone pada umumnya. Anda bisa menggunakan foto yang sudah tersimpan dalam galeri ponsel anda maupun mengambil gambar baru secara langsung.

Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga aplikasi Dpth melakukan proses pada foto yang telah anda ambil tersebut. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 detik, namun juga tergantung dengan besarnya kapasitas foto yang anda ambil.

Setelah Depth selelsai melakukan proses, maka anda akan diberikan opsi yang bisa anda gunakan untuk penerapan efek blur, diantaranya adalah “Blur”, “Range”, “Depth”. Anda bisa mencoba efek-efek tersebut dan memilih mana yang sesuai dengan keinginan anda.

Opsi Depth mempunyai fungsi untuk memperkirakan pusat fokus gambar berdasarkan sebuah presentase yang terdapat dalam gambar yang nantinya akan diburuamkan secara horizontal. Opsi Rannge mempunyai fungsi untuk mengatur tingkat kedekatan antara objek yang ingin anda berikan efek dengan objek yang terdapat pada bagian belakang. Semakin tinggi nilai atau angka range, maka akan semakin jauh depth of fieldnya.

Sedangkan opsi Blur mempunyai fungsi untuk mengatur intensitas buram yang terdapat pada sekitar foto. Semakin besar presentase blur, maka akan semakin buram pula objek yang ada disekitar foto.

Setelah anda selesai melakukan setting gambar, maka anda bisa membagikannya pada media sosial. Namun sayangnya tidak ada tombol untuk menyimpan pada memori ponsel anda.

Nah, itulah langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat efek bokeh pada ponsel single kamera. Jika anda ingin informasi lebih banyak bisa kunjungi situs aptoide.co.id

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Niena