Banyak Perusahaan Buka Pabrik di Kawasan Industri Lippo Cikarang

Siapa sih yang tak kenal dengan Cikarang? Mungkin bagi sebagian ornag belum mengenalnya. Cikarang merupakan salah satu kota yang berada di kabupaten Bekasi yang dekat dengan Jakarta yaitu jarak tempunya sekitar 34 km sebelah timur Jakarta.

Cikarang terkenal dengan kawasan industrinya yang mana terbesar di Asia Tenggara. Oleh sebab itu Cikarang dijuluki dengan kota Industri. Nah Tanah Industri Lippo Cikarang ini memang emrupakan pusat industri nasional.

Banyak investor yang menanamkan modal di Cikarang karena memang lokasinya yang sangat strategis untuk tempat industri. Cikarang ini sudah dikatakan mampu bersaing dengan Batam yang sama-sama merupakan kawasan industri, terutama dalam segi ekspor.

Cikarang ini merupakan kwasan industri yang bisa dikatakan sangat potensial. Bagaimana tidak? Di kawasan Cikarang ini terdapat kurang lebih ada 2.125 unit pabrik dari 25 negara yang ada di kawasan tersebut.

Jadi sudah tak heran lagi jika ada warga asing serta lokal yang menanamkan modal di kawasan ini. Terhitung sekitar 34,46 %  pananaman modal asing nasional dan sekitar 22 hingga 45 % volume ekspor nasional.

Perlu kamu ketahui bahwa pada tahun 2018 lalu, omzet kawasan industri ini telah mencapai omzet yang wow banget. Adapun omzetnya sekitar mencapai hingga USD 35 milliar. Dari omzet tersebut 70 % nya untuk pasar ekspor.

Hadirnya Meikarta Cikarang ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi beban beberapa orang yang ada di Jakarta. Adapun bebanya yaitu seperti tata ruang, kepadatan lalu lintas, pergerakan manusia, dna bahkan bisa menjadi pusat ekonomi baru di kawasan ini.

Di kawasan Cikarang ini terhitung ada tujuh industri yang telah berkembang yaitu Delta Silicon I, Jababeka I, kawasan industri MM2100, Delta Silicon II, BIIE, Jababeka II, dan EJIP.

Nah ada dua industri yang ada di abwah grup Lippo yaitu kawasan industri Delta silicon ii dan Delta Mas. Dengan kata lain, tempat yang ada di Cikarang ini merupakan salat satu tempat yang strategis , khususnya bagi beberapa karyawan yang bekerja di kawasan industri tersebut.

Hadirnya kota baru yakni kota Cikarang ini sangat diharapkan untuk mengurangi beban lalu lintas transportasi yang ada di kota Jakarta yang sangat padat setiap harinya. Oleh sebab itu dengan adanya Cikarang ini, bisa dialihkan dari Jakarta ke Meikarta Cikarang.

Kota Cikarang ini juag memiliki fasilitas yang bisa dikatakan lengkap seperti kota-kota besar lainya. Hadirnya kota baru ini diharapkan bisa menurunkan beban Jabodetabek dan juga mengurangi beban Bandung.

Pembangunan kota Cikarang ini yang mana termasuk kota besar ini yang akan berskala internasional Meikerta ini telah dibangun dnegan biaya investasi sekitar Rp 278 trilliun dan diharapkan bisa menjadi kota besar yang modern dan terlengkap .

You May Also Like

About the Author: Nurul