Antara Analog Camera dan IP Camera CCTV, Mana Yang Lebih Unggul?

Penggunaan kamera pengintai kini semakin meningkat dan cukup banyak digunakan karena menjadi alat keamanan di perumahan, kantor dan tempat publik. Ada dua jenis kamera pengintai yang banyak populer digunakan yaitu Analog Camera dan Internet Protocol Camera (IP Camera) yang dapat memantau dan merekam aktivitas sehari-hari. Analog dan IP Camera CCTV memiliki fungsi untuk merekam gambar aktivitas yang terjadi selama 24 jam 7 hari. Namun perbedaan cara kerja dan fitur-fitur yang dimiliki cukup signifikan. CCTV mengandalkan sinyal analog sementara IP Camera CCTV mengandalkan internet untuk akses.

Mengenai kualitas gambar yang direkam, Analog camera masih kalah dengan IP Camera, hal ini dikarenakan IP Camera CCTV mampu mengambil gambar secara detail dan meluas dan dapat dilakukan zoom in atau zoom out, tidak seperti Analog camera dimana jarak pengambilannya terbatas dan tidak dilakukan zoom. Kualitas gambar yang dihasilkan Analog camera memiliki resolusi yang rendah walaupun fitur dari Analog camera yang diberikan sudah lebih update, sehingga video akan sulit dilihat karena buram dan detail yang ditangkap akan kurang jelas dilihat dan tentunya akan menyulitkan proses identifikasi. Berbeda dengan IP Camera CCTV dimana resolusi gambar yang dihasilkan IP Camera CCTV bisa jauh lebih tinggi yaitu kualitas Full High Definition bahkan bisa sampai kualitas 4K.

Apabila Anda menyukai hal-hal yang simple dan efisien, IP Camera CCTV lebih efisien dibandingkan analog camera sebagai kamera pengintai dimana membutuhkan konfigurasi yang cukup sulit antara DVR dan setiap kamera yang terhubung, sekaligus dengan monitornya. Sementara IP Camera CCTV hanya butuh switch untuk melakukan transfer data ke Network Video Recorder (NVR) sehingga Anda bisa mengawasi keadaan rumah atau kantor melalui gadget seperti laptop atau smartphone Anda dimana pun dan kapan pun. Satu IP Camera CCTV memiliki cakupan pandang yang relatif lebih luas dibandingkan Analog camera sehingga tidak perlu banyak memasang kamera di area yang cukup luas. Analog camera memiliki keterbatasan dalam menyimpan hasil rekaman yang memerlukan DVR, berbeda dengan IP Camera CCTV yang dapat menyimpan hasil rekaman langsung ke media penyimpanan eksternal. Nilai tambah IP Camera CCTV adalah rekaman videonya terlindungi dengan enkripsi, tidak seperti Analog yang tidak terlindungi dengan adanya enkripsi. IP Camera CCTV memiliki banyak sekali fitur canggih, termasuk kecerdasan buatan sehingga mudah di koneksi ke berbagai device smartphone karena fleksibilitasnya.

Sudah banyak yang menjual IP Camera CCTV di pasaran, namun berbeda dengan IP Camera dari ColorVu Hikvision. Seri kamera pengintai ColorVu dilengkapi dengan lampu tambahan agar dapat menangkap gambar walaupun minim cahaya atau tidak ada cahaya sama sekali. Teknologi ColorVu menjadi solusi dimana kebanyakan kamera pengawas menggunakan cahaya inframerah ketika pemantauan malam hari, sementara ColorVU Hikvision menampilkan gambar yang jelas pada 0,0005 lux, yang memberikan pengawasan penting walaupun cahaya rendah. Fitur ini dirancang untuk memberikan pencahayaan yang ramah lingkungan, mengurangi perubahan warna yang kasar pada objek, lembut dan hangat. Berbeda dengan lensa konvensional, lensa ColorVu dilengkapi dengan super-aperture mencapai F1.0 yang memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk ke lensa sehingga kecerahan gambar dapat ditingkatkan.

Di Hikvision terdapat beragam produk kamera pengintai untuk IP Camera CCTV termasuk Network Video Recorder (NVR), kamera PTZ, kamera panorama, kamera untuk aplikasi khusus dan berbagai peralatan dan aksesori transmisi jaringan. Dirancang dengan teknologi canggih dan diproduksi dengan level kualitas yang tinggi, Hikvision menyediakan fasilitas lengkap untuk membangun sistem keamanan yang dapat memenuhi persyaratan yang paling kompleks. Kinerja IP Camera CCTV ColorVU Hikvision dan manfaat utamanya adalah

  1. Informasi warna sesungguhnya
  2. Render warna yang akurat bahkan dalam kondisi gelap
  3. Kinerja luar biasa di lingkungan dengan cahaya yang rendah
  4. Detail lebih banyak
  5. Dengan jelas merekam informasi warna dan detail yang lebih kaya dalam kondisi gelap dibandingkan pencitraan hitam putih.
  6. Pengalaman visual yang lebih baik.
  7. Kecerahan seimbang.
  8. Aperture super F1.0 dan sensor lanjutan menjamin perenderan yang realistis.

Apabila Anda ingin memiliki perangkat sistem keamanan dengan resolusi kamera yang tinggi dan sistem yang canggih untuk kamera pengintai, Anda bisa memilih IP Camera CCTV. Tidak ada salahnya juga apabila Anda mengharuskan menggunakan CCTV untuk aktivitas lainnya. Namun yang terpenting adalah menggunakan series ColorVu dari Hikvision agar warna rekaman gambar yang dihasilkan lebih tajam sehingga detail yang ditampilkan lebih terlihat dengan jelas walaupun dalam keadaan gelap. Segera miliki kamera pengawas dengan produk terbaru yang ditawarkan ColorVudari Hikvision dan rasakan manfaatnya. Anda dapat mengunjungi website Hikvision untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai produk ColorVu Hikvision atau Anda dapat mengakses media sosialnya di Facebook Page Hikvision Indonesia dan Instagram @hikvisisonindonesia.

You May Also Like

About the Author: Makka El Fatih Setiawan