5 Panduan Belajar Daring Seru di Rumah yang Effisien

Demi mencegah terjadinya penularan virus corona yang telah terjadai pada saat ini, WHO telah mengumumkan tentang penerapan physical distancing atau jaga jarak dari orang lain. Dengan begitu maka seluruh aktivitas yang biasanya dikerjakan dari luar rumah, harus dihentikan atau diganti dengan dikerjakan dari rumah, seperti bekerja dari rumah dan juga belajar dari rumah dengan cara daring.

Seperti yang telah kita ketahui, jika menemani anak belajar dari rumah bukanlah hal cukup mudah. Terlebih lagi jika kita tidak mempunyai ketlatenan yang lebih dalam hal belajar mengajar. Anak-anak akan lebih cepat merasa bosan, bahkan banyak dari mereka yang tidak mau belajar sama sekali.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan panduan belajar dari seru dirumah. Dengan begitu anda juga bisa lebih enak mengajari anak-anak belajar dari rumah, begitu pula dengan anak-anak akan merasa nyaman saat belajar dari rumah bersama dengan anda.

Melakukan Rutinitas Yang Sama

Meskipun School From Home atau belajar dari rumah, bukan berarti anak bisa seenaknya bangun siang dan tidak mandi. SFH bukan liburan, jadi anak harus tetap wajib melakukan aktivitasnya seperti biasa seperti saat masuk sekolah.

Ciptakan Ruang Belajar Yang Nyaman

Untuk menambah semangat anak pada saat belajar dirumah, maka anda juga perlu menciptakan suasana belajar serta tempat belajar yang nyaman. Dalam hal ini anda bisa mengajak anak untuk memilih ruangan mana yang nantinya ingin dia gunakan untuk belajar.

Berikan kesempatan pada anak untuk menghias atau mendekorasi ruangan tersebut layaknya kelas sekolahnya. Dengan begitu anak akan menjadi lebih nyaman ketika belajar dalam rumah.

Belajar Dengan Menggunakan Video

Kebanyakan anak akan lebih menangkap materi yang disampaikan melalui video. Jadi usahakan untuk anda mengajari anak belajar dengan menggunakan video. Selain belajar menjadi lebih seru, anda juga bisa lebih mempererat hubungan antara anda dengan anak.

Ajak Untuk Membuat Modul Belajar

Meskipun belajar dari rumah, bukan berarti anak bebas dari tugas sekolah, karena guru akan selalu memberikannya tugas harian. Nah, selesai mengerjakan tugas dari sekolahan, anda bisa memberikan pelajaran seru untuk mereka. Anda bisa memberikan kesempatan pada mereka untuk memilih materi atau modul belajar manakah yang ingin mereka dalami seperti matematika, seni dan tematik lain sebagainya. Dengan begitu anda juga akan lebih mudah mengenali potensi yang ada pada anak.

Selingi Dengan Kegiatan Lain

Seringkali guru memberikan tugas yang cukup banyak untuk anak dirumah. Agar anak tidak merasa tertekan dengan banyaknya tugas yang diberikan, maka anda bisa menyelipkan semacam waktu istirahat untuk anak sekitar 10 menit untuk olah raga kecil atau melakukan apa saja. Dengan begitu anak akan menjadi lebih semangat lagi untuk melanjutkan belajarnya.

Nah, itulah beberapa hal yang mungkin bisa anda terapkan pada saat mendampingi anak belajar dari rumah. Jika anak mulai merasa kebingungan atau tertekan dengan banyaknya tugas, maka anda bisa mencari solusinya dengan melihat kunci jawaban tematik yang sudah disediakan.

You May Also Like

About the Author: Niena