5 Macam Camilan Khas Indonesia Berbahan Untuk Anda si Pecinta Durian

Buah durian dijuluki sebagai king of fruit lantaran memiliki bentuk besar dan berduri serta rasa unik yang manis dan lezat. Buah ini sering ditemukan di daerah Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Thailand, Vietnam, dan tentu saja Malaysia yang terkenal dengan durian Musang King. Karena popularitasnya yang cukup tinggi, banyak orang yang bereksperimen membuat berbagai macam cemilan dari bahan dasar durian. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aneka camilan durian cukup populer di Indonesia yang pastinya akan membuat para pecinta durian merasa ketagihan.

1. Pancake Durian

Pancake durian merupakan dessert populer yang berasal dari kota Medan. Camilan ini pertama kali ditemukan lantaran pedagang lokal di sana merasa bosan dengan buah durian yang disantap begitu-begitu saja. Berkat kreativitas mereka, akhirnya dibuatlah camilan berbahan dasar durian yang disebut dengan pancake durian. Camilan ini terdiri dari krim lembut yang terbuat dari daging durian kemudian dibalut dengan kulit dadar gulung. Karena kelezatan rasanya, lambat laun pancake durian mulai digemari banyak orang dan sampai saat ini sudah tersebar di kota-kota lain di Indonesia.

2. Pulut Durian

Pulut durian disebut-sebut sebagai camilan jadul asli suku Melayu yang memiliki rasa manis dan legit. Sama seperti namanya, pulut durian merupakan kombinasi antara pulut atau nasi ketan dengan tekstur lembut yang disiram dengan kuah kental berbahan dasar durian yang terasa lumer di mulut. Namun berdasarkan versi yang lebih populer di negara Malaysia, Thailand, dan Singapura, pulut durian biasanya terbuat dari nasi ketan yang disirami dengan santan dan disantap dengan buah durian asli.

3. Surabi Durian

Surabi durian adalah kuliner tradisional lezat yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat. Pada dasarnya surabi durian sama-sama memiliki kuah kental yang lumer seperti pulut durian, namun bedanya kuah tersebut disiram di atas kue surabi yang empuk. Nah, untuk menambah kenikmatannya, kudapan yang satu ini juga terkadang sering disajikan dengan tambahan topping lainnya seperti parutan keju, meses cokelat, kacang almond, susu kental manis, ataupun potongan buah nangka.

4. Kolak Durian

Sebagai kota yang terkenal dengan buah duriannya, Medan tidak hanya punya pancake durian saja, tetapi juga camilan berbahan dasar durian lainnya yang tidak kalah populer, yaitu kolak durian. Jika pada umumnya santapan kolak lebih sering dinikmati pada bulan puasa saja, kolak durian Medan justru menjadi kuliner khas yang bisa dijumpai setiap saat di kios-kios pinggir jalan. Kolak durian sendiri terbuat dari ketan putih yang diberi potongan pisang kepok, kolang-kaling, dan buah durian asli, kemudian disiram dengan kuah santan dan gula aren.

5. Martabak Durian

Martabak dengan topping kacang, cokelat, dan keju mungkin sudah biasa, tapi apakah Anda sudah pernah mencicipi martabak rasa durian? Martabak istimewa ini menggunakan daging buah durian asli yang harum dan manis sebagai selainya, sehingga membuat setiap gigitannya terasa semakin lezat dan menggiurkan, apalagi jika durian yang digunakan adalah buah durian Musang King asal Malaysia yang terkenal akan rasa manisnya yang khas.

Bagi Anda yang suka dengan martabak dan buah durian, dijamin kombinasi kedua makanan ini bisa menjadi pilihan camilan enak yang akan membuat Anda merasa ketagihan.

Itulah dia beberapa rekomendasi camilan dengan bahan dasar durian yang cukup populer di Indonesia. Para pecinta durian pasti setuju, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati durian. Alih-alih memakannya dengan cara yang biasa, menjadikan buah durian sebagai bahan dasar camilan tentu dapat menambah kenikmatan rasanya hingga berkali-kali lipat.

You May Also Like

About the Author: Makka El Fatih Setiawan