Tips Membersihkan Gigi dan Gusi Bayi yang Perlu Anda Ketahui

Sejak dari awal kita harus membiasakan pada Si Kecil untuk menjaga kebersihan gigi, karena jika kita membiasakan kebiasaan ini sedari kecil maka nantinya si kecil akan menjadikannya sebagai rutinitas dan kebutuhan, dan ini kebiasaan yang sangat baik.

Pertanyaan yang sering muncul adalah kapan waktu yang benar-benar tepat bagi Si Kecil untuk mulai sikat gigi pertamanya?

Jawabannya waktu yang tepat untuk Si Kecil memulai sikat gigi pertamanya adalah waktu pertama kali gigi tumbuh. Kenapa? Demi mencegah gangguan kesehatan pada gigi dan mulut tentunya.

sikat gigi bayi

Namun ada beberapa ahli dokter bilang waktu yang baik adalah ketika 4 gigi mulai tumbuh namun ada juga yang menyarankan agar dimulai pada usia 2-3 tahun.

Khusus untuk anak yang baru tumbuh gigi susu, fungsi dari tumbuh gigi susu tersebut untuk si Kecil belajar mangunyah dan belajar berbicara, tapi jangan salah walaupun masih gigi susuĀ  kita harus sering membiasakanĀ  membersihkannya sejak awal, karena ini nanti yang menentukan kebersihan mulut Si Kecil untuk kedepannya.

Dan jika kita tidak menerapkan disiplin untuk membiasakan membersihkan gigi pada Si Kecil sejak awal berisiko mendapat gangguan kesehatan yaitu gingivitis atau ganggaun pada gusi yang nantinya menimbulkan jarak antar gigi permanen.

Nah berikut ini adalah beberapa tips membersihkan gigi dan gusi bayi yang wajib anda ketahui :

Bersihkan gusi dan gigi dengan kain basah lembut

Sesudah bayi anda selesai makan silakan usap-usap gusinya menggunakan kain basah bersih yang lembut. Anda juga dapat memakai kain kasa yang anda lilitkan di jari tangan anda lalu usapkan. Ini harus anda lakukan minimal 2 kali sehari sesudah si kecil tumbuh gigi. Terutama dilakukan pada malam hari sebelum si kecil tidur. Ini berutujan untuk membersihkan mulut bayi anda dari bakteri dan juga plak yang akan jadi penyebab sakit gusi dan gigi.

Gunakan sikat gigi yang tepat

Apabila dirasa gigi si kecil sudah tumbuh banyak silakan ganti cara membersihkan gigi pada poin pertama di atas dengan memulai memakai sikat gigi. Pilihlah sikat gigi bayi yang ramah untuk bayi yaitu ujung kepala sikat gigi lembut, bulu sikat halus, kepala kecil dan peganggan besar untuk memudahkan saat anda pegang. Silakan lakukan aktifitas menyikat gigi ini secara teratur hingga menjadi sebuah kebiasaan buat si kecil. Meskipun pada awalnya susah lama kelamaan dia akan merasa terbiasa sampai nanti si kecil berani menyikat giginya sendiri.

Untuk permulaan belajar menyikat gigi tidak harus memakai pasta gigi. Sikat gigi cukup dengan dibasahi dengan air bersih.

Hindari minum botol susu saat tidur

Kebanyakan para orangtua memberi botol susu untuk bayi supaya membantunya tidur cepat. Dot yang menempel yang mengandung susu tersebut kadang lama sekali menempel. Ini adalah sebuah awal yang menjadi kerusakan gigi. Sebisa mungkin hindarilah kebiasaan ini.

Bersihkan dot bayi secara teratur

Untuk anda para orangtua jangan lupa ya untuk selalu membersihkan dot bayi si kecil secara teratur. Namun jika usianya menginjak dua tahun alangkah lebih baiknya untuk berhenti memakai dot dan anak juga dihindari menghisap jempol tangannya karena ini juga memiliki resiko gigi jadi tak rata.

Banyak minum air mineral

Apabila usianya menginjak satu tahun, beri si kecil dengan air mineral atau bisa juga dengan susu tawar pada saat dia sedang makan. Namun alangkah lebih baik jika anda mengganti susu tersebut dengan jus buah murni dengan kadar gula yang rendah atau bahkan tanpa gula. Banyak minum air putih juga membantu membersihkan sisa-sisa makanan.

Nah itulah tadi beberapa tips membesihkan gigi dan gusi bayi. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Makka El Fatih Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *