Rekomendasi Makanan untuk Kucing Kampung yang Bagus

Bagi sebagian orang kucing kampung dianggap kurang menarik untuk hewan peliharaan. Tetapi sebagian yang lain khususnya para pecinta kucing, kucing kampung ini punya daya tarik tersendiri apalagi jika dijadikan hewan peliharaan di rumah. Tubuhnya yang lucu, sehat dan tampil elok.

Untuk makanan anak kucing kampung sendiri sebenernya tidak ada tindakan khusus yang istimewa. Namun yang harus diperhatikan adalah kebutuhan vitamin dan gizi pada anak kucing hampung yang harus selalu diperhatikan. Ini dilakukan supaya anak kucing kampung bisa tumbuh menjadi kucing yang sehat, gemuk, berbulu lebat dan juga lucu.

makanan-kucing-kampung

Kucing kampung ini memang tipe kucing yang berbeda jika kita bandingkan dengan kucing hias peliharaan yang dijual di banyak pet shop. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk makanannya. Nah berikut ini adalah makanan rekomendasi makanan untuk kucing kampung biar selalu sehat.

1. Daging

Pada umumnya semua kucing semuanya menyukai daging. Karena memang kucing sendiri adalah salah satu kelompok hewan pemakan daging (karnivora).

Daging sangat dibutuhkan karena memiliki gizi yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan kucing. Tidak semua jenis daging ini cocok diberikan untuk anak kucing yang baru anda anda beli. Daging seperti daging sapi dan daging kambing punya tekstur yang lebih keras sehingga memang kurang disarankan.

Jenis daging yang bagus adalah daging ikan atau daging ayam. Cara memberikannya bisa dengan cara dikukus atau direbus terlebih dahulu. Berikan daging hanya 3 kali seminggu saja supaya kucing tidak manja dan cenderung menolak makanan lain hanya untuk daging ikan.

2. Nasi

Selain manusia, ternyata kucing kampung juga menyukai nasi lho. Nasi dianggap bisa memberikan dampak kenaikan berat badan pada kucing. Namun dalam hal pemberiannya anda tidak boleh setiap hari dan porsinya selalu banyak ya. Diberikan nasi secara berlebihan membuat berat badan kucing bisa jadi gemuk dan obesitas lho.

Berikan campuran nasi dan sedikit daging ikan pada makanan kucing.

3. Telur Ayam

Selain daging, kucing kampung ternyata juga membutuhkan telur ayam lho. Ya memang karena telur ayam ini punya kandungan protein hewani yang cukup banyak.

Tapi anda tidak boleh juga ya memberikan telur mentah pada kucing. Karena telur mentah masih terdapat bakteri yang kurang ramah bagi kucing. Sebaiknya dimasak dulu dengan cara didadar kemudian berikan pada kucing.

4. Tempe dan Tahu

Selain telur ayam kandungan protein juga terdapat pada tempe dan tahu. Tempe dan tahu sangat kaya akan protein nabati. Ini sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan kucing.

Sesekali boleh lah berikan kucing kampung anda dengan tempe dan tahu. Karena ini juga sangat baik untuk kesehatan kucing anda. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi diare.

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi makanan untuk kucing kampung yang baik supaya kucing tumbuh sehat.

About the Author: Makka El Fatih Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *