Pentingnya Mengawasi Penggunaan Smartphone Anak untuk Aktivitas di Dunia Internet

Pentingnya Mengawasi Penggunaan Smartphone Anak untuk Aktivitas di Dunia Internet! Saat ini kecanggihan teknologi berkembang kian pesat, salah satunya adalah pemakaian internet dan smartphone. Kehadiran kedua teknologi ini hampir tak bisa dilepaskan, bahkan kehadirannya dapat membantu segala urusan manusia. Penggunaannya sudah menjadi hal umum yang hampir diperlukan disetiap hal.

Internet tidak lagi digunakan oleh orang dewasa saja, melainkan oleh anak- anak untuk bermain game, belajar, berkomunikasi, menonton, dan sebagainya. Anak berpotensi membuka situs yang diblokir, mengakses informasi yang tidak sesuai usianya, terkena pengaruh buruk, dan sebagainya. Hal ini akan sangat mempengaruhi kehidupannya di masa depan, termasuk psikologis anak.

Sudah selayaknya anak menggunakan internet sesuai kebutuhan di usianya. Mengatasi kondisi, tentu setiap orang tua diharuskan mengawasi penggunaan smartphone anak yang masih di bawah umur. Lantas apa pentingnya melakukan pengawasan pada aktivitas anak tersebut? Berikut penjelasan mengenai pentingnya pengawasan anak.

Pentingnya Orang Tua Mengawasi Penggunaan Smartphone dan Internet Anak

Peran orang tua sangat dibutuhkan saat memberikan alat komunikasi pada anak dan juga memantau mereka saat menggunakannya. Perlu diketahui, bahwa penggunaan internet yang tanpa pengawasan dan tidak terkontrol bisa sangat berbahaya bagi tumbuh kembang anak. Pengawasan perlu dilakukan karena alasan berikut.

Menjauhkan Anak dari Gangguan Tidur

Sebaiknya, orangtua tidak memberikan smartphone kepada anak yang masih di bawah umur tanpa pengawasan. Mengawasi penggunaan smartphone bisa dilakukan dengan meminta pada anak agar tidak bermain ponsel sebelum tidur. Kegiatan ini bisa membuat waktu tidur mereka akan terganggu, sehingga peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengontrol penggunaan internet anak.

Menghindari Potensi Kecanduan

Saat asik sedang bermain internet, biasanya mereka akan lupa dengan berbagai aktivitas dan kewajibannya, misalkan saja makan, belajar, membantu orang tua, dan sebagainya. Kondisi yang semakin parah bisa meningkatkan potensi kecanduan yang dialami anak. Kecanduan internet ini akan berdampak buruk terhadap kepribadian dan psikologis anak nantinya, sehingga anak akan cenderung tertutup dan emosional.

Mengurangi Risiko Radiasi Elektromagnetik

Tubuh anak-anak terutama anak cenderung masih sangat sensitif terhadap risiko bahaya dari lingkungan, termasuk radiasi elektromagnetik. Smartphone yang terhubung ke internet memiliki paparan elektromagnetik yang bisa mempengaruhi tubuh jika dibiarkan dalam jangka waktu lama. Dalam hal ini orang tua wajib mengawasipenggunaansmartphone.

Anak Bisa Terhindar dari Informasi yang Menyesatkan

Melakukan pemantauan pada anak saat akses internet bisa dijadikan upaya untuk menghindarkan anak dari pengaruh buruk informasi yang menyesatkan. Karena hampir sangat mustahil kita menggunakan internet tanpa pernah menjumpai informasi negatif. Jika melihat hal ini, tentu pemantauan penting untuk dilakukan.

Terhindar dari Pengaruh Tayangan Buruk

Terkadang, orangtua tidak mengawasipenggunaansmartphonesehingga mereka melihat tayangan-tayangan tidak mendidik dan berpotensi merusak kepribadian. Misalnya saja seperti membuka situs online yang menampilkan tayangan yang tidak seharusnya anak mereka lihat atau yang tidak sesuai untuk usianya. Bisa saja anak membuka cekalan situs yang sebenarnya sudah diblokir pemerintah.

Mengawasi Penggunaan Smartphone Menjauhkan Anak dari Pengaruh Buruk

Menghabiskan waktu dengan bermain smartphone yang terhubung ke internet memang menyenangkan. Tetapi bagi anak yang masih di bawah umur tentu hal ini akan sangat merugikan. Karena anak belum mampu mencerna hal baik dan hal buruk dari penggunaan internet. Itulah sebabnya, mengapa mengawasi penggunaan smartphone anak haruslah dilakukan orang tua.

You May Also Like

About the Author: Makka El Fatih Setiawan