Cara Membuat Serabi Solo Manis dan Praktis

Cara Membuat Serabi Solo Manis dan Praktis Serabi merupakan cemilan yang berbahan dasar tepung beras dengan tambahan gula serta santan.  Serabi sangat terkenal dari daerah Solo.  Serabi solo bercita rasa gurih, secara tradisional serabi dipanggang dengan menggunakan wadah cekung berbahan tanah liat.  Proses masak yang dipanggang menggunakan kayu bakar sehingga menghasilkan serabi yang beraroma sekaligus legit.  Secara kasat mata sebenarnya serabi solo ini berbentuk seperti pancake.

15-resep-serabi-solo

Topping atau taburan di atas serabi solo juga kian bervariatif seperti potongan nangka, parutan keju, meises atau selai buah, semuanya bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan anda.  Serabi solo ternyata juga bisa anda masak di rumah.  Hanya berbekal cetakan serabi, anda sudah bisa menyajikan kue tradisonal di rumah anda.  Ditemani secangkir teh atau kopi dijamin suasana sore atau kumpul-kumpul keluarga makin menyenangkan.  Jadi segera catat dan eksekusi Resep Serabi Solo di dapur anda.

Advertisement

Bahan yang dibutuhkan :

  • Soda kue sebanyak ½ sdt
  • Kuning telur ayam sebanyak 1 butir
  • Air pandan sebanyak 100 ml
  • Gula cair sebanyak 250 ml
  • Tepung beras sebanyak 500 gram
  • Air matang sebanyak 600 ml
  • Santan kental matang sebanyak 750 ml dari 1 butir kelapa

Cara membuat :

  1. Langkah pertama siapkan wadah bersih seperti mangkuk atau baskom lalu masukkan tepung beras dan air sedikit demi sedikit. Jangan luap mengaduk-aduk agar adonan menyatu dan kental.
  2. Tambahkan juga soda kue dan gula cair ke dalam adonan. Aduk hingga merata dan istirahatkan adonan selama lebih kurang 45 menit.
  3. Siapkan siapkan cetakan serabi lalu panaskan cetakan di atas api kompor atau bara arang. Olesi juga permukaan cetakan dengan minyak goreng agar serabi tidak lengket saat dimasak.
  4. Masukan 1 sendok sayur adonan kedalam cetakan, tekan bagian tengahnya sehingga terdapat pinggiran serabi yang kering dan garing. Masak sekitar 4-5 menit, jangan lupa tutup cetakan agar serabi lebih cepat matang, angkat dan serabi solo nikmat disajikan selagi hangat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya anda bisa menggunakan topping atau taburan sesuai selera anda. Toping atau taburan ini anda masukan saat adonan serabi dipanggang dalam keadaan setengah matang.  Mencampurkan keju atau potongan nangka ke dalam adonan juga bisa anda lakukan untuk lebih praktisnya.   Jika ingin sajian serabi yang berbeda bisa juga diguyur dengan kuah gula merah.  Mau tanpa toping atau tidak, rasa serabi ini tidak akan pernah mengecewakan anda.

Incoming search terms:

cara buat serabi solo (2)bolu karamel enak dan empuk (1)cara membuat serabi solo di rumah (1)
Cara Membuat Serabi Solo Manis dan Praktis | Syella Zaneta Poetri | 4.5