Cara Membuat Lepet Khas Sunda Spesial Enak

Cara Membuat Kue Lepet Khas Sunda – Lepet adalah panganan yang terbuat dari bahan utama beras ketan berisikan kacang tanah yang dibungkus dengan daun janur atau daun kelapa muda kering. Di Indonesia, terdapat berbagai varian lepet yang biasa disantap sebagai kudapan di acara-acara tertentu. Di Jawa misalnya, lepet mendapat julukan lepet. Sedangkan di Sunda, tulisannya sedikit berbeda, yakni Leupeut.

Makanan khas Sunda dan Jawa ini ternyata juga terdapat di Sumatera dan Semenanjung Malaya, di daerah Minangkabau, Aceh, dan Melayu yang namanya adalah lepat. Lepat hanya mirip namanya dengan lepet, namun cara pembuatan dan resepnya berbeda. Lepet berisikan beras ketan dan isian kacang tanah, sedangkan lepat terbuat dari campuran gula aren dan kelapa parut yang dicampur dalam ketan, kemudian pembungkusnya mengugnakan daun pisang.

Cara Membuat Lepet Khas Sunda Spesial Enak

Cara Membuat Lepet Dengan Mudah

Anda pasti penasaran bagaimana cara membuat lepet ini. Juga tak jarang bertanya-tanya apakah resep lepet itu susah atau mudah. Tenang, Resep Harian akan memberikan Anda solusinya. Cara pembuatan lepet itu tidak mudah –kalau ada resep dan panduannya. Berikut ini cara membuat kue lepet asli Jawa ataupun Sunda.

Bahan utama:

  • 200 gram beras ketan putih, rendam dalam air selama 1 jam, tiriskan
  • 200 ml santan kelapa (bisa dari ¼ butir buah kelapa)
  • ½ sendok makan garam
  • 100 gram kelapa parut tanpa mesin
  • 25 gram kacang tolo, rendam 2 jam, tiriskan, rebus (bisa diganti dengan kacang tanah)
  • 1 lembar daun pandan yang disimpulkan
  • 10 lembar daun janur, buang tulang daunnya

Cara membuat kue lepet :

  1. Pertama, rebus santan, garam, dan daun pandan. Aduk hingga mendidih.
  2. Kedua, tuang beras ketan dalam santan mendidih, suhu api dikecilkan. Aduk hingga santan meresap, angkat.
  3. Ketiga, campurkan kelapa parut dan kacang tolo rebus hingga merata. Pisahkan.
  4. Keempat, siapkan daun janur, atur panjang 10 cm, lipat-lipat 4x atau disesuaikan dengan panjang daun kelapa kering, lipat bagian bawahnya.
  5. Kelima, bungkus beras ketan dengan daun janur, tutup sisi terbuka dengan sisa janur. Ikat dengan tali rapia yang sudah dibelah.
  6. Terakhir, kukus selama 60 menit di atas tungku dengan api sedang hingga matang.

Anda akan mendapatkan kue lepet nikmat sekitar 10 buah.

Kue lepet di Sunda biasa dinikmati bersama tahu sumedang. Meskipun begitu, perkembangan lepet paling pesat di wilayah budaya Jawa. Dengan hadirnya berbagai makanan tradisional yang meramaikan kuliner nusantara, kita patut bangga sudah terlahir di Indonesia yang memiliki segudang kekayaan di berbagai aspeknya.

Incoming search terms:

cara membuat lepet nasi (240)Cara membuat leupeut (163)cara membuat lepet (158)cara membuat lepet beras (141)lepet (137)leupeut (101)Resep lepet (76)resep leupeut (68)cara bikin lepet (63)resep membuat lepet (42)
Cara Membuat Lepet Khas Sunda Spesial Enak | Lathif Nurdiansyah | 4.5