Apa itu Waralaba? Ketahui Definisi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Waralaba atau yang sering disebut sebagai franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan ataupun badan usaha terkait ciri khas suatu layanan atau jasa. Singkatnya, konsep usaha satu ini memungkinkan penggunanya untuk memiliki hak atas barang atau jasa tertentu. Setiap orang yang menjalankan jasa ini pasti sudah memiliki kontrak perjanjian dengan pemiliknya sehingga dalam proses menawarkan produk juga tidak semuanya.

Saat ini, bisnis dengan konsep satu ini sudah banyak dikembangkan. Mungkin kebanyakan orang memang lebih mengenalnya dengan nama franchise karena memiliki istilah yang keren. Biasanya, bisnis ini juga tidak membutuhkan modal terlalu besar sehingga ketertarikan para pengusaha pemula untuk terjun di dalamnya sangat besar. Namun, tetap saja perlu pemahaman yang mendalam apabila ingin menggunakan konsep bisnis satu ini.

Definisi Umum Waralaba

Secara umum, pengertian dari konsep usaha franchise satu ini adalah sebagai kepemilikan bebas terhadap barang, jasa, ataupun layanan tertentu dengan ciri khas yang ditambahkan. Acuan yang digunakan ketika menjual produk sebelumnya pasti sudah dijelaskan oleh pihak pemilik utama dari bisnis tersebut. Nantinya, dari peraturan yang telah ditetapkan tersebut, pemilik bisa melakukan pengembangan asal sesuai dengan ketentuan dalam kesepakatan.

Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli

Douglas J. Queen

Menurut Douglas J. Queen, bisnis yang sering disebut sebagai franchise ini merupakan model dari kreativitas bisnis baru yang bertujuan untuk memperluas usaha. Misalnya saja ketika Anda membeli sebuah franchise, maka sama artinya dengan membeli manfaat serta branding yang telah dibuat oleh usaha tersebut. Biasanya, franchise yang bagus pasti akan teruji dari semua sisi, mulai dari nama usaha dagang hingga sistem yang ditawarkan.

Charles L. Vauhn

Waralaba adalah sebuah kegiatan marketing atau pendistribusian barang dan produk yang memberikan hak kepada pembelinya untuk mengelola bisnis sesuai kriteria yang sudah ditentukan. Pemilik biasanya tidak perlu lagi memperhatikan peraturan-peraturan dasar dalam dunia marketing karena istilahnya jika franchise yang dipilih sudah bagus, maka otomatis akan ada branding yang dibangun.

Rooseno Harjowidigdo

Rooseno menganggap bahwa konsep usaha ini merupakan bentuk kerja sama dari dua belah pihak dalam proses pengembangan usaha. Dari segi ekonomi ataupun manajemen, konsep bisnis satu ini memberikan banyak keuntungan kepada pemiliknya. Hal ini karena bisnis franchise biasanya sudah memiliki branding yang bagus dengan variasi produk lebih beragam dan tentunya sangat memuaskan. Untuk itu, dari segi keuangan, bisnis ini cukup memberikan dampak yang besar.

Nah, itulah definisi umum dan pendapat ahli terkait bisnis waralaba. Jika dalam proses pengelolaan bisnis ingin lebih mudah, Anda perlu menggunakan BukuKas yang memiliki lebih dari sepuluh fitur keuangan menarik termasuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran secara tertata. Selain itu, aplikasi ini juga sudah terbukti mampu membantu para UMKM dalam mengelola bisnisnya menjadi lebih terstruktur. Jika penasaran bisa langsung cek di https://www.bukukas.co.id. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Makka El Fatih Setiawan