4 Tips Finansial untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

Bagaimana tips mendapatkan penghasilan tambahan bagi seorang IRT? Karena  admin adalah seorang IRT yang setiap harinya memang diharuskan untuk selalu berurusan dengan masalah keuangan keluarga. Maka setiap hari admin harus berurusan dengan uang dari mulai belanja kebutuhan dapur, kebutuhan anak, kebutuhan bisnis, pengeluaran harian dan bulanan dan masih banyak lagi.

Masalah Ibu Rumah Tangga itukebanyakan sama, dilema antara memenuhi keinginan diri sendiri sama kebutuhan keluarga terutama anak dan pasangan. Sudah niat ngumpulin uang buat beli skincare inceran, sepatu intipsn tapi begitu terkumpul, merasa baju dan mainan anak lebih penting, body care-nya anak sudah habis. 

Setelah itu menyesal pas sepatu idaman sudah sold out. Yang buat bete dan nggak semangat main sama anak. Berbisnis namun hati tidak kuasa diajak move on yang buat sedih berlarut larut dan membuat suasana rumah jadi suram.

Biasanya IRT yang suka dilema dan berkemelut belanjanya penuh konflik, penuh dengan pertikaian batin. Karena mereka sering  merasa “menghasilkan”, jadi suka urung mau keluar uang buat sesuatu yang tidak terlalu penting. Selain itu mereka merasa susahnya untuk mendapatkan penjelasan ilmiah kalau pasangan nanya, “Duit segitu kok sudah habis, buat beli apa aja sih?” dengan tatapan penuh curiga kepada pasangannya.

1. Minta Izin Buat Buka Bisnis

Jika memilih untuk berkarier lagi tidak kunjung dapat restu dari pasangan. Mintalah ijin untuk membuka bisnis kecil umkm untuk menambah pundi-pundi keuangan. Bisa online bisa juga buka gerai minuman atau apapun yang bisa menghasilkan uang. Karena setiap wanita pasti ingin berkembang, menggali kemampuan diri dan berkarya, agar tidak terpadmin pada rutinitas rumah tangga yang pasti akan ada sisi jenuhnya.

2.  Meminta Pekerjaan ke Pasangan

Kamu bisa juga meminta kerjaan ke pasangan, jika dirasa tugas pasangan sudah menumpuk, menggunung dan sebentar lagi erupsi. 

Mengulurkan bantuanmu dengan syarat dan ketentuan berladmin. Kerjaannya bisa bantu pasangan ngatur nota-nota tagihan, membuat laporan keuangan, nge-print, fotokopi, dan rapiin berkas misalnya. Atau apa pun di luar rutinitas kamu sebagai seorang wanita. Dan mintalah gaji sewajarnya.

3. Menjadi Rentenir yang Baik

Saat pasangan pinjem uang belanja buat beli rokok, bebankan suku bunga paling tinggi saat pengembalian. Pastikan jatuh tempo secepatnya  dan tetapkan denda per hari untuk setiap keterlambatan. Niscaya akan tebal kantong kamu.

4. Jangan lupa Istilah Rajin Pangkal Kaya

Pendapatan wanita juga ada di kantong celana pasangan yang akan masuk mesin cuci. Maka rajinlah mencuci, maka akan kamu temukan harapan dan senyuman setelahnya. Peninggalan recehan dan lembaran hasil kembalian pasangan saat beli rokok, mi instan ataupun korek. Bisa kamu manfaatkan.

Memang tidak bisa dipungkiri uang akan selau lekat dengan kehidupan kamu sehari-hari, dan sebegitu pentingnya. Kebutuhan uang pada rumah tangga adalah sebagian kecil contoh saja.

Untuk IRT, jangan lupa selalu mengasah kemampuan diri karena kamu dituntut adaptif akan perkembangan dan  kemajuan jaman. Karena sekarang ini banyak orang yang suka mengukur kesuksesan dengan tingginya jabatan dan banyaknya uang. 

Oleh karenanya banyak di antara kamu berlomba-lomba mengejar kesuksesan dengan mengincar jabatan tinggi dan berbisnis sekuat tenaga untuk mengejar banyak materi. Padahal kamu kadang tidak terlalu butuh banyak uang yang penting itu cukup. Dan terkadang kamu hanya butuh pengakuan dari orang lain bahwa kamu telah sukses.

You May Also Like

About the Author: Makka El Fatih Setiawan