10 Tips Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak Yang Benar

Faktor pendidikan adalah salah satu faktor yang utama, karena seperti yang kita tahu pendidikan sangat penting untuk kehidupan. Jangan pendidikan tidak hanya bisa kita dapatkan dari sekolah, karena di zaman sekarang internet juga bisa memberikan kita ilmu pengetahuan dengan cepat dimana saja dan kapan saja. Namun fungsi sekolah sebagai tempat pendidikan non-formal tidak akan pernah tergantikan. Bagi Anda yang memiliki anak tentu saja akan memikirkan aspek pendidikan anak tersebut. Salah satunya mungkin adalah dengan mempersiapkan tabungan pendidikan anak.

Kali ini kami akan memberikan 10 Tips Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak yang Baik dan Benar sehingga Anda bisa mengalokasikan tabungan tersebut untuk kehidupan akademis anak dimasa yang akan datang.

6

  1. Tabungan pendidikan

Jika anda ingin menabung untuk pendidikan anak lewat lembaga atau bank. Maka anda sebaiknya tahu bahwa tiap-tiap tabungan untuk pendidikan anak tersebut sebaiknya diawasi dan mendapatkan pengakuan dari LPS atau lembaga penjamin simpanan. Sehingga akan sangat berisiko jika anda menabung pendidikan anak pada tempat-tempat yang tidak memiliki pengawasan.

  1. Asuransi pendidikan

Tabungan pendidikan anak juga bisa didapatkan dari asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan ini bisa dikeluarkan oleh perusahaan asuransi baik milik pemerintah maupun pemilik swasta. Berbeda halnya dengan tabungan pendidikan yang bisa anda cair waktu-waktu tertentu asuransi pendidikan sudah memiliki waktu sendiri untuk dapat mencairkan uang asuransi tersebut. Sehingga anda bisa tahu kapan saja uang tersebut bisa digunakan ketika mungkin anak memasuki usia sekolah.

  1. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa menurut juga merupakan salah satu tabungan pendidikan anak meskipun tidak langsung bisa memberikan dana atau investasi saat anak memasuki jenjang pendidikan, tetapi setidaknya asuransi jiwa turut melindungi anak tersebut bahkan ketika anak tersebut memasuki usia sekolah.

  1. Tempat investasi emas

Selain menabung dan asuransi tentu saja Anda bisa melakukan investasi. Banyak jenis investasi yang bisa dilakukan, namun lebih banyak orang melakukan investasi dalam bentuk kemasan. Tidak hanya karena harganya yang akan terus naik, tetapi investasi emas juga bisa sebagai perhiasan yang bisa anda pakai. Dengan menggunakan investasi emas Anda juga bisa dengan mudah melakukan gadai atau jual beli baik di toko emas maupun Pegadaian serta bank-bank nasional.

  1. Investasi reksadana

Reksadana adalah pendapatan tetap sebagai produk investasi yang bisa anda gunakan untuk bekal pendidikan anak dimasa yang akan datang.

  1. Investasi properti

Memang investasi ini akan terlihat progresnya beberapa tahun yang akan datang, sehingga alangkah lebih baik jika investasi ini dilakukan ketika Anda masih memiliki anak balita atau memiliki anak yang usianya masih bayi. Tidak hanya untuk dijual properti properti ini juga bisa anda sewakan sehingga menjadi sumber passive income

  1. Deposito Bank bonus tahunan

Jenis deposito ini bisa anda gunakan untuk menabung karena pada dasarnya setiap anda melakukan deposito atau penimbunan uang di bank maka akan terdapat bunga atau bonusnya. Hari bisa gunakan bonus itu untuk disimpan kembali sehingga akan ada rencana tabungan untuk pendidikan anak di masa yang akan datang.

  1. Libatkan anak dalam rencana pendidikan

Tanyakan pada anak anda apakah minatnya serta apakah profesi atau cita-citanya di masa yang akan datang. Selain mengetahui visi dan misi pendidikan anak hadapan anda juga bisa mengetahui kira-kira kebutuhan dana yang harus anda keluarkan untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

  1. Tinjau kembali dana yang anda miliki

Setelah anda menabung, berinvestasi, serta mendaftarkan diri dalam berbagai asuransi, tentu saja Anda harus menghitung dan memikirkan lagi dana yang sudah masuk dan tersedia untuk dana pendidikan anda di masa yang akan datang. Anda harus memiliki aturan tersendiri sudah sejauh apa progress tabungan pendidikan anak Anda yang sudah anda usahakan

  1. Opsi sumber dana lain

Pada dasarnya ini merupakan opsi terakhir karena anda akan melakukan peminjaman uang ke bank. Jika memang terpaksa untuk meminjam pastikan bahwa bunganya kecil dan Anda bisa melakukan kredit tanpa anggunan yang tersedia.

Itulah 10 Tips Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak Yang Benar versi kami, semoga bisa jadi inspirasi anda dalam mewujudkan pendidikan yang layak dan berkualitas untuk anak dimasa depan anak.

Loading...
10 Tips Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak Yang Benar | Syella Zaneta Poetri | 4.5